Home » » Bagaimana Caranya Jadi Juara 1 Google?

Bagaimana Caranya Jadi Juara 1 Google?

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?

Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google? Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini. Hanya saja setelah membaca banyak komentar, saya berkesimpulan bahwa masih banyak sahabat blogger yg kebingungan dalam mengejar posisi di halaman pertama ini.

Oleh alasannya itu kali ini saya bakal mencoba menciptakan pola masalah di mana saya bakal mensimulasikan langkah-langkah apa saja yg bakal saya lakukan untuk memenangkan posisi pertama di hasil pencarian. Anggap saja kata kunci yg saya incar yaitu "trik merawat motor antik".... Kaprikornus apa yg Musti saya lakukan untuk menguasai kata kunci ini?

Sebelum kita lanjut.... pastikan pada browser saudara sudah terpasang add-on SEO, jikalau belum ikuti panduannya di sini.

Tahap Pertama Kaprikornus Juara 1 Google: Amati Kompetitor Terberat

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?

Untuk memenangkan posisi pertama pada hasil pencarian Google, maka otomatis kita Musti mengalahkan sang juara satu yg menguasai kata kunci tersebut pada dikala ini. Kaprikornus yg paling pertama yg kita lakukan adalah  MEMATA-MATAI SANG PEMEGANG POSISI PUNCAK SAAT INI....

Kaprikornus siapakah yg menjadi kompetitor terberat kita untuk kata kunci ini? Ternyata ... (lihat gambar di bawah saja ya)

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?

Dari hasil penglihatan sekilas, tampak bahwa kata kunci ini tidak termasuk persaingan berat. Jika sekedar ingin masuk halaman pertama saja sanggup sangat mudah, alasannya yg menduduki posisi kedua ternyata tidak melaksanakan optimisasi sama sekali. Bisa dikatakan blogspotnya masih perawan dan belum terjamah.

Tapi Jika mau menjadi juara pertama, tampaknya tetap butuh usaha. Bahkan perlu perjuangan yg cukup banyak jikalau blog kita masih benar-benar baru.

Mengamati faktor offpage blog pesaing

Untuk mengamati faktor optimisasi offpage blog pesaing, yg paling pertama yg Musti kita lihat dari laporan add-on pada browser kita yaitu pagerank dari halaman tersebut. Ternyata pageranknya yaitu PR2 dan alexanya yaitu 86.763.  Mungkin ada teman-teman blogger yg berkata "Wah, pageranknya sudah 2!"
-- Ini bekerjsama jangan eksklusif menciptakan ciut teman-teman blogger pemula... memangnya Mengapa Jika PR2?

Kita Musti mencari tahu dulu apakah pagerank ini yaitu hasil optimisasi pada Maknakel tersebut atau alasannya homepagenya memang mempunyai PR tinggi. setelah mengamati homepage dan mencari tahu backlink pada blog tersebut, ternyata pagerank pada Maknakel tersebut mengandalkan poin halaman pada homepagenya yg bernilai PR5. Dari sini kita juga sanggup melihat bahwa admin dari website tersebut paham wacana optimisasi.... 

Ini yaitu sinyal bahwa optimisasi kita mungkin bakal sedikit berat untuk meraih posisi pertama....

setelah mengamati pagerank, saatnya mengamati alexa rank,.... ternyata alexa rank dari website ini juga tidak main-main, yaitu 86.763. Ini berMakna pengunjung website ini berkisar di jumlah yg sudah ribuan per harinya.... Dengan ribuan kunjungan per hari sanggup disimpulkan bahwa website ini sudah menuai sangat banyak kunjungan dari Google....

Jika website tersebut sudah menuai sangat banyak kunjungan dari Google, maka bakal ada reputasi dari kunjungan-kunjungan tersebut yg tersimpan pada Google mirip ratio pentalan, usang waktu kunjungan, dan jumlah halaman yg dilihat per kunjungan. Semuanya ini menjadi faktor pendukung dari reputasi blog selain pagerank yg sudah sangat besar (PR5)....

Sekali lagi, ini juga sanggup menjadi sinyal bahwa optimisasi kita sanggup sulit

setelah mengetahui PR homepage yg begitu besar, tampaknya saya tertarik untuk mengetahui satu hal lagi.... Domain pesaing ini sudah berapa usang masuk ke dalam cache/database Google? Kaprikornus saya mau melaksanakan sedikit uji usia blog pada Google.

Pertama-tama, saya bakal mencari tahu dulu ada berapa jumlah halaman dari website ini yg sudah terindeks.... Untuk mengetahui itu saya Musti memasukkan kata kunci dengan menggunakan perintah site.... untuk kata kunci selengkapnya, silahkan lihat gambar di bawah.
 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?

Tenyata, oh ternyata..... ini yaitu sebuah situs portal komunitas dengan jumlah halaman terindeks mencapai 108.000 halaman. Sebuah keadaan yg sanggup membantu website ini menguasai banyak kata kunci bahkan tanpa optimisasi sekalipun....  dengan mempunyai puluhan ribu Maknakel, yaitu sangat masuk akal jikalau kita mendapatkan puluhan ribu kunjungan per hari. Kaprikornus kita sanggup menganggap pesaing kita untuk posisi pertama di Google ini masuk kategori situs lembaga nasional (walaupun tidak cukup besar).....

Jadi kita sanggup memasukkan ini dalam daftar hal yg mengkuatirkan....

Selanjutnya, untuk mengetahui kapan blog ini masuk ke dalam cache Google pertama kali, maka saya Musti menggunakan fungsi ALAT PENELUSURAN dan mengubah SEMBARANG WAKTU menjadi RENTANG TERTENTU....

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?

setelah mengklik RENTANG TERTENTU bakal muncul pop up untuk memasukkan batas waktu yg diinginkan. setelah memasukkan beberapa kali rentang waktu, maka rentang waktu yg paling terakhir menghidangkan data dari lawan kita ini berakhir pada 1 Januari 2004 - 1 Januari 2005. Itu berMakna situs ini dibentuk pada tahun 2004. Itu berMakna usia situs ini sudah lebih dari 8 tahun....
 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?
Bertambah lagi faktor yg mengkuatirkan kita..... ^_^


Mengamati faktor onpage blog pesaing
Ok, rasanya cukup kita mengamati optimisasi offpage dari website kompetitor ini kini saatnya kita melihat optimisasi onpagenya..... jadi saya bakal mengajak teman-teman blogger melihat SEO kafe pada bab kanan, yg mencakup link internal dan eksternal, kepadatan (density) kata kunci, dan Diagnosis.
 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah mengulas duduk masalah yg satu ini Bagaimana Caranya Kaprikornus Juara 1 Google?

Perhatikan beberapa hal dari gambar di atas:
1. Internal link versus external link
Bisa kita lihat bahwa perbandingannya yaitu 86:8 itu berMakna pagerank flow atau fatwa poin dari halaman itu yaitu 91% dan itu manis sekali. BerMakna halaman ini mempertahankan 91% poin berputar-putar di dalam website itu sendiri dan hanya 9% yg mengalir ke domain lain....

2. Kepadatan kata kunci
Jika tombol density diklik maka bakal ditampilkan kepadatan setiap kata pada halaman tersebut.... Berhubung yg saya kejar yaitu "trik merawat motor antik", maka saya hanya perlu memperhatikan 4 kata itu saja. Ternyata setelah mengklik tombol density, saya mendapatkan hasil berikut:

Caranya muncul sebanyak 6 kali
MERAWAT muncul sebanyak 4 kali
MOTOR muncul sebanyak 20 kali
ANTIK muncul sebanyak  2 kali

Dari sini ada kabar baik bahwa kata ANTIK hanya muncul dua kali, padahal setidaknya butuh 3 kali muncul untuk dianggap penting.

3. Diagnosis
Diagnosis ini yaitu tombol yg sangat penting untuk pemula alasannya tombol diagnosis ini bakal menampilkan diagnosa faktor optimisasi onpage dengan cukup detail.... Jika kita menekan tombol diagnosis pada situs pesaing ini, maka data yg bakal kita dapatkan yaitu mirip di bawah ini (catatan: hal-hal yg menyenangkan bakal saya beri warna biru, dan yg tidak menyenangkan bakal saya beri warna merah)
==========
TITLE TAG HALAMAN:
Punya Motor Tua? Ini Dia Caranya Merawatnya
Title tag ini belum optimal, saya masih sanggup memenangkan title tag dengan menyusunnya menjadi "Bagaimana Caranya Merawat Motor Antik?"
==========
META DESCRIPTION:
Bagi Anda yg kebetulan punya motor bau tanah di rumah, namun tidak begitu mengerti gimana trik merawatnya, mungkin Tipsnya berikut ini bakal berkhasiat buat Anda. Ya, mempunyai motor yg sudah 'berumur' alias sudah tergolong antik (biasanya tahun pembuatannya lebih dari tiga puluh tahun lalu), memang butuh perawatan ekstra. Apalagi, jikalau motor bau tanah yg Anda miliki juga tergolong langka di kelasnya, perawatannya pun Musti benar-benar diperhatikan supaya sang motor tak 'berakhir' di tumpukan besi bekas.
Meta description inipun tidak optimal, di dalamnya kata kunci yg saya incar masih tersebar. Kaprikornus saya masih sanggup memenangkan meta description dengan menyuntikkan satu frasa yg benar-benar tersusun menjadi "trik merawat motor antik". Meta description website ini pun terlalu panjang, seharusnya 160 huruf saja sudah maksimal....
==========
HEADING:
  • <H2>: Punya Motor Tua? Ini Dia Caranya Merawatnya
  • <H2>: Komunitas TNOL Sumbang Korban Banjir
  • <H2>: Nasi Goreng Kampung Ala d’ez
  • <H2>: Ini Dia, Tipsnya Meredakan Sakit Gigi
  • <H2>: Pengen Gabung di Hijabers Community UI? Ini Caranyanya
  • <H2>: Tipsnya Memilih Fotografer Pre-Wedding
  • <H2>: Ini Dia, Delapan Caranya Praktis supaya Cepat Hamil
  • <H2>: Jangan Terkecoh! Ini Dia Tipsnya Membeli Ban Mobil Bekas
  • <H2>: Tipsnya Semangat Keja setelah Libur Panjang
  • <H2>: Ini Dia, 8 Langkah Menangani Ular
  • <H2>: Banjir? Tenang..., dan Hadapi Saja!
  • <H2>: Caranya Praktis Merawat Motor Trail
  • <H2>: Tipsnya Merawat Vespa supaya Tetap Prima
  • <H3>: Novriyadi
  • <H3>: Maknakel Lainnya
  • <H3>: Forum
  • <H3>: Tipsnya Trik
  • <H4>: Selasa, 09 Oktober 2012
  • <H4>: Minggu 20/01/2013 04:07 WIB
  • <H4>: Sabtu 19/01/2013 00:00 WIB
  • <H4>: Add comment
  • <H4>: Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.
Oh YES! Tidak ada <H1>! Ini benar-benar peluang yg sangat baik untuk dimanfaatkan. Belum lagi <H2> juga terlalu beragam. Keragamannya itu malah mengacaukan fokus dari kata kunci untuk <H2> di halaman tersebut.....
Kesimpulan: Heading sangat jelek.
==========
Rasanya itu saja yg perlu saya perhatikan dengan serius dari optimisasi blog seCaranya onpage, baik title tag, meta description, dan heading tag semuanya belum teroptimisasi dengan baik dan itu yaitu peluang untuk diperbaiki.

Kaprikornus saya rangkum dulu tahap pertama ini dalam SWOT dari pesaing terhadap saya:
Strength / Kekuatan:
Kekuatan saya yaitu mengetahui bahwa blog ini mempunyai optimisasi onpage yg tidak optimal, sehingga saya sanggup melaksanakan optimisasi yg lebih baik lagi dari segi onpage.

Weakness /  Kelemahan:
Kelemahan saya yaitu jikalau saya ingin menciptakan situs untuk menyaingi website ini, maka situsnya masih benar-benar muda dan Musti bersaing dengan portal komunitas berusia 8 tahun untuk meraih posisi pertama. Belum lagi portal ini pada hompage mempunyai PR5 dan pada Maknakel mempunyai PR2.... Itu berMakna blog gres saya nanti butuh banyak optimsasi dalam hal backlink

Opportunity / Kesempatan:
Seperti yg saya katakan sebelumnya untuk kata kunci yg saya incar ini, satu-satunya yg perlu dikuatirkan hanyalah sang juara 1, jadi Jika sekedar mau masuk halaman pertama saja.... sangatlah mudah. Itu berMakna sebelum saya menjadi juara 1, Maknakel yg bakal saya buat sanggup menduduki peringkat 2, atau 3 dan mendatangkan cukup banyak pengunjung ke blog saya. Walaupun jumlahnya tentu tidak sebanyak jikalau saya juara satu.

Apakah ada peluang menjadi juara satu dengan mudah? Ya Masih Ada! Jika algoritma Google Panda memandang bahwa Maknakel saya masih "segar" dan ternyata bobot isinya juga melebihi Maknakel portal tadi, maka sanggup jadi ini bakal sangat mudah. Tapi jikalau saya gagal menciptakan Maknakel yg berkualitas SEO, maka terpaksa saya Musti bermain keras di Optimisasi Offpage nantinya....

Threat / Ancaman
Sampai di sini bahaya yg lain belum terasa, tapi sanggup saja tiba-tiba muncul di tengah jalan bahaya baru. Misalnya, muncul blog lain yg mengejar kata kunci yg sama.... Atau lebih jelek lagi.... portal komunitas ini memperbaiki onpagenya!

Tahap Kedua Menjadi Juara Satu Google: Action!

Action yg gimana Maksud? Tentu action dalam hal onpage dan offpage....

Optimisasi Onpage pada Blog Sendiri
setelah mengetahui bahwa blog pesaing mempunyai onpage yg belum optimal, maka itu yaitu kesempatan yg baik. Saya tinggal menciptakan Maknakel yg memenuhi standar SEO, baik dari segi title tag, meta description, dan heading tag, serta memberi cetak tebal (bold) pada beberapa kata kunci penting. Intinya saya Musti menciptakan Maknakel yg cukup detail, dan jikalau sanggup menghidangkan sesuatu yg gres untuk pembaca blog saya.... 

Tentu saja sebelum saya menciptakan Maknakel yg SEO friendly ini, blog saya sudah menggunakan template yg juga SEO friendly.... Tujuan utama dari template blog SEO Friendly ini yaitu untuk memastikan tag <H1> pada blog saya nanti menggunakan kata kunci terpenting dalam Maknakel. Kalaupun dalam masalah saudara nanti, mau mempertahankan template yg lama, maka sebaiknya usahakan mengubah heading blog menjadi dynamic heading.

Optimisasi Offpage pada Blog Sendiri
Tentu saja optimisasi Offpage mirip promosi blog dan mencari backlink Musti dijalankan. Saya Musti mencari ribuan backlink dalam sebulan, dengan menggunakan variasi kata kunci yg cukup beragam....

Sebelumnya saya sudah menuliskan Maknakel trik mendapatkan backlink gratis dan berbayar.... tapi setelah saudara memasang add-on penunjang pada browser.... nanti saya bakal mengajak saudara berburu halaman dofollow dengan high Pagerank untuk dijadikan backlink.... Halaman-halaman ini bernilai ratusan kali halaman dofollow biasa.....

Tapi sabar ya.... tunggu Maknakel berikutnya saja. 

Ok, mungkin itu saja tahapan-tahapan dalam mengejar peringkat pertama atau juara 1 pada hasil pencarian Google..... yg perlu teman-teman blogger pemula ingat yaitu optimisasi itu sanggup berjalan cukup lama, yaitu sekitar 3-4 bulan sebelum jumlah pengunjung terlihat ramai.... Kaprikornus yg sabar saja jadi blogger ya....

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive