Home » » Inti Bisnis Online

Inti Bisnis Online

Cerita perihal 3 kaleng Minuman Bersoda ini berkaitan dengan Bisnis online atau internet marketing yang Anda jalankan. Ia menjelaskan “nilai” sebuah produk. Ia menjelaskan cara memaknai harga sebuah produk. Ia mengajarkan kita satu makna pewakturan yang sesungguhnya.


Suatu hari, sebuah perusahaan memproduksi tiga kaleng Minuman Bersoda. Sebut saja kaleng A, kaleng B dan kaleng C.

Hari berikutnya, sebuah truk mengangkut ketiga kaleng menuju kawasan yang berbeda untuk pendistribusian.

Di kawasan pertama truk berhenti di minimarket. Kaleng A diturunkan. Kaleng itu dipajang di rak disandingkan dengan kaleng Minuman Bersoda lain. Harga harga pada label tertera Rp. 5000.

Pemberhentian selanjutnya, truk berhenti di sentra perbelanjaan besar di tengah kota. Kaleng B diturunkan dan ditempatkan dalam freezer. Ia dihargai Rp. 8000.

Pemberhentian ketiga dan terakhir merupakan hotel bintang 5. Kaleng C diturunkan disana. Kaleng ini tidak ditempatkan diatas rak atau didalam freezer melainkan diletakkan di ruangan khusus dan hanya dikeluarkan jikalau ada pengunjung hotel yang memesannya. Kaleng ini dikeluarkan bersama dengan gelas kristal berisi es dengan baki perak yang mengkilap.

Pelayan hotel akan menyapa pengunjung hotel dengan sapaan lembut, “Ini menumannya tuan/ nyoya. Bolehkah saya menuangkannya untuk Anda?”

Bila diizinkan, pelayan akan membuka Kaleng C, menuangkannya kedalam gelas dengan sopan sambil berkata, “Selamat menikwafat.”

Anda sanggup tebak berapa harganya?

Rp. 50.000,-

Sekarang, pertanyaan saya merupakan, mengapa ketiga kaleng bersoda tersebut mempunyai harga berbeda. Padahal kawasan produksinya di pabrik yang sama, karyawan yang sama, bahkan mereka mempunyai rasa yang sama pula?

Jawabannya merupakan sebab “lingkungan” ketiga minuman bersoda itu mencerminkan harganya.

Bila kita bawa ke dunia pewakturan online, apa yang sanggup kita petik dari dongeng diatas?

Ya, dongeng diatas mengajarkan kita bahwa lingkungan produk, khususnya dalam penyajian dan pelayanan mempengaruhi harga produk. Di lingkungan yang sempurna harga sebuah kaleng Minuman Bersoda sanggup dihargai dua kali atau bahkan sepuluh kali lipat dari produk sejenis.

Bagaimana dengan produk Anda? Sudahkah Anda memperlakukan produk Anda dengan tepat, sehingga sanggup dihargai dua kali, tiga kali atau bahkan puluhan kali lipat?

Ya, Anda harus secara sengaja menentukan nilai produk Anda semoga dihargai tinggi oleh konsumen. Anda harus secara sengaja menentukan bahan terbaik untuk produk Anda. Anda harus secara selektif menentukan kawasan pewakturan produk. Anda harus menampakkan kegunaan nyata produk. Bahkan keuntungannya harus lebih anggun berkali lipat dari produk lain. Pelayanan Anda harus prima melebihi yang lain.

Ya, jikalau Anda secara sengaja membuat produk Istimewa dengan pelayanan yang Istimewa pula maka produk itu akan dihargai tinggi oleh banyak orang. Inilah inti dari pewakturan yang sesungguhnya. Inilah inti dari internet marketing. Inilah inti dari pewakturan secara online.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive