Home » » Mengapa Pengunjung Blog Aku Berkurang Atau Tidak Stabil?

Mengapa Pengunjung Blog Aku Berkurang Atau Tidak Stabil?

trafik pengunjung berkurang atau tidak stabil Mengapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil?
Mengapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil? Banyak blogger yg rutin memantau statistik blognya dan mengamati bahwa ternyata pengunjung blognya berkurang atau sekedar tidak stabil. Dalam keadaan yg normal seharusnya trafik pengunjung dari search engine itu relatif stabil. Tapi terkadang grafik menjadi begitu fluktuatif dan banyak blogger menjadi gundah apa penyebabnya.

Niat awal aku bekerjsama mau menciptakan Maknakel ihwal trik mengidentifikasi duduk kasus berkurangnya trafik pengunjung dari mesin pencari ibarat Google. Tapi sebelum itu, aku mau membuatkan sedikit ihwal faktor-faktor EKSTERNAL yg sanggup menciptakan trafik blog kita berkurang. Bagi yg belum membaca faktor INTERNAL blog yg sanggup menjadikan trafik berkurang sanggup baca di Maknakel 6 kesalahan penyebab pengunjung blog berkurang.

Dari pengalaman aku langsung ada 5 faktor eksternal yg sanggup menjadikan berkurangnya pengunjung blog atau trafik tidak stabil.... Kelima faktor tersebut adalah:

1. Fluktuasi ranking kata kunci
2. Blog terkena Penalty
3. Berubahnya animo kata kunci
4. Algoritma Search engine berubah
5. Faktor X di luar teknis

Mari kita bahas satu persatu....

Penyebab #1 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Fluktuasi ranking kata kunci

Sudah bukan rahasia, bahwa posisi ranking menghipnotis jumlah pengunjung blog kita. Menurut statistik persentase klik untuk setiap posisi kata kunci yaitu sebagai berikut:
Posisi 1 = 56%
Posisi 2 = 13%
Posisi 3 = 10%
Posisi 4 = 4%
Posisi 5 = 4,7%
Posisi 6 = 3,2%
Posisi 7 = 0,4%
Posisi 8 = 3%
Posisi 9 = 1,5%
Posisi 10 =  2,5%

Makara di mana posisi link saudara pada hasil pencarian bakal memilih jumlah pengunjung ke blog saudara. Misalnya, Jika dalam sehari ada 1000 orang yg mencari kata kunci X, maka juara 1 bakal menerima 560 kunjungan dari kata kunci X tersebut, sedangkan juara 4 hanya bakal menerima 40 kunjungan saja.

Bisa saudara lihat bahwa ranking 7 yaitu ranking yg paling tidak menguntungkan. Makara Jika ranking saudara berfluktuasi dari 5 menjadi 7, maka bakal sangat terasa pengurangan pengunjung pada kata kunci tersebut. Jika mengikuti pola di atas, maka trafik yg semula berkisar di 47 orang bakal menjadi tinggal 4 orang saja.

Masalahnya yaitu "Apa yg mengakibatkan ranking sanggup turun?" Ada 3 hal yg sanggup menjadi penyebab peringkat blog saudara merosot untuk suatu kata kunci. Ketiga hal tersebut adalah:
  • Berkurangnya Backlink, yg tentu saja sanggup jadi cukup untuk mengurangi Google pagerank
  • Bermunculan kompetitor yg melaksanakan optimisasi untuk mengalahkan anda, atau
  • Faktor internal ibarat terlalu banyak komentar yg justru mengurangi fokus kata kunci pada Maknakel tersebut.Sebagai alhasil relevansi Maknakel saudara dengan kata kunci sanggup berkurang.

Penyebab #2 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Terkena Penalty

yg ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Jika blog terkena penalty sudah niscaya bakal bermasalah dalam hal trafik dari search engine. Untuk klarifikasi selengkapnya, baca di 9 Macam Penalty Google

Penyebab #3 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Berubahnya animo Kata Kunci

Anggap saja ibarat ini, saudara menulis sebuah Maknakel informasi yg sedang marak, dan ternyata berhasil merebut posisi pertama.... Tentu hal ini bakal menjadikan pertambahan jumlah pengunjung yg cukup signifikan. Lalu tiba-tiba duduk kasus informasi itu selesai, atau masyarakat jadi tidak tertarik lagi alasannya yaitu bosan, maka trafik blog pun bakal mulai turun. Makara Jika saudara mengandalkan Maknakel-Maknakel dengan animo sesaat ibarat ini ... maka saudara Musti rajin mengamati apa yg sedang animo di masyarakat dikala ini dan mengoptimisasinya sebelum animo tersebut meredup.

Penyebab #4 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Algoritma Search Engine Berubah

Seperti yg terjadi baru-baru ini, dunia SEO internasional heboh alasannya yaitu ranking berfluktuasi dengan sangat tidak stabil semenjak tanggal 10 Januari dan mencapai puncaknya pada tanggal 16 dan 17 Januari 2013. Banyak web yg mengeluh trafiknya drop 25% - 40%, tapi ada juga yg bahagia alasannya yaitu trafiknya naik.... Walaupun Google menyangkal ada update pada algoritmanya, tapi fakta bahwa fenomena ini muncul di seluruh belahan dunia cukup meyakinkan bahwa ini ada kaitannya dengan algoritma. Entah itu update sembunyi-sembunyi atau sekedar bug di dalam sistemnya.

Penyebab #5 berkurangnya Pengunjung Blog: Faktor X

Faktor X ini sanggup apa saja, ibarat peristiwa alam, hari raya dan masalah-masalah lainnya. Jika terjadi duduk kasus pada lokasi-lokasi yg menjadi sumber trafik utama, maka sanggup saja trafik turun. Sebagai pola blog-blog yg sumber trafik utamanya berdasarkan geo location berasal dari Jakarta... dikala banjir melanda Jakarta, sanggup saja aktifitas online sebagian orang Jakarta menjadi terganggu.... dan trafik saudara sanggup drop 10% - 25%.

Faktor X yg lain yaitu hari raya. Misalnya pada hari raya idul fitri, blog dengan tema-tema tertentu sanggup menjadi sepi..... contohnya blog tutorial aku ini, trafiknya sanggup drop hingga 30% dalam satu ahad perayaan Idul Fitri. Di sisi lain, blog-blog dengan tema kuliner hari raya bakal laku manis. Makara Jika saudara mengelola blog yg isinya campur aduk. Pintar-pintarlah melihat animo ibarat ini, untuk menaikkan jumlah pengunjung blog.

Makara itulah 5 faktor eksternal yg sanggup menghipnotis jumlah pengunjung pada blog saudara. Di Maknakel selanjutnya aku bakal membuatkan trik mengidentifikasi masalahnya, dan solusi apa saja yg tersedia buat teman-teman blogger....

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive