Home » » Konsumsi Jengkol Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Konsumsi Jengkol Ternyata Baik Untuk Kesehatan


Konsumsi Jengkol Ternyata Baik Untuk Kesehatan Konsumsi Jengkol Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Tipsnya Dan Trik kali ini barbagi isu untuk juragan yg suka makan jengkol, juragan tahu gak jika konsumsi jengkol ternyata banyak protein dan zat besi yg baik bagi kesehatan juragan, tpi klo juragan terlalu banyak konsumsi jengkol jg kurang baik, dan kali ini aku bakal mengembangkan isu dari manfaat jengkol dan tentunya kerugiannya jg.

Langsung simak aja ya gan,

Di kutip dari wikipedia : Jengkol atau Jering (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) ialah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari di Malaysia (disebut "jering"), Myanmar (disebut "da nyin thee'"), dan Thailand (disebut "luk-nieng" atau "luk neang").[1] Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai materi pangan.

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol sanggup menimbulkan busuk tidak sedap pada urin Setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Jengkol diketahui sanggup mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga memiliki kemampuan menyerap air tanah yg tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.


 Manfaat Mengkonsumsi Jengkol :

1.    Kaya Protein
Jengkol ternyata kaya bakal kandungan protein yg cukup tinggi berkisar antara 23,3 gram per 100 gram jengkol. Kandungan protein nabati dari jengkol ini lebih tinggi dari kacang kedelai dan kacang hijau. Protein dalam badan sangat berfungsi sebagai pengganti atau untuk memperbaiki sel-sel yg rusak dalam tubuh. Kandungan protein nabati lebih baik daripada protein hewani. Dari penelitian diketahui bahwa mengkonsumsi lebih banyak protein hewani bakal mempercepat penggemukan, sedangkan mengkonsumsi banyak protein nabati bakal lebih banyak meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur dua kali lebih usang daripada protein hewani. Selain itu tentunya banyak sekali manfaat protein bagi badan kita.

2.    Kaya Zat Besi
Zat besi merupakan hal penting dalam tubuh. Zat besi berfungsi penting dalam mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan sel badan serta mengangkut elektron badan yg berfungsi sebagai pembangkit energi dalam sel tubuh. Dalam pengangkutan oksigen penggabungan antara zat besi dan protein bakal membentuk hemoglobin dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot yg berperan penting dalam pembentukan enzim yg berperan membangkitkan energi tubuh. Di dalam jengkol terkandung 4,7 gram zat besi per 100 gram.

3.    Kaya Kalsium
Kandugan kalsium dalam jengkol berkisar 140 mg per 100 gram jengkol. Seperti yg kita ketahui kalsium ialah unsur penting yg bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu kalsium juga berperan penting dalam metabolisme tubuh, penghubung antar jaringan syaraf, pergerakan otot dan kerja jantung.
4.    Kaya kandungan Fosfor
Fosfor berfungsi hampir sama dengan Kalsium sebagai pencegah tulang keropos dan menjaga gigi semoga tidak berlubang. Kandungan fosfor di dalam jengkol berkisar 166,7 mg per 100 gram jengkol. Mau gigi berubang atau menentukan makan jengkol.

5.    Kaya kandungan Vitamin
Vitaman A, B1, B2, dan C ialah vitamin yg terkandung dalam jengkol. Pada jengkol berkisar 658 mg per 100 gram jengkol untuk kandungan vitamin A, yg berfungsi menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 dan B1 masing-masing membantu absorpsi protein dan menjaga kepekaan syaraf. Kandungan Vitamin C pada jengkol  80 mg per 100 gram, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.


 Kerugian mengkonsumsi jengkol :

1.    Bau Tidak Sedap
Bau tidak sedap dari jengkol diakibatkan oleh asam amino yg merupakankandungan jengkol terdominasi unsur Sulfur. Dimana dikala unsur tersebut dikunyah hancur dan terpecah menjadi komponen-komponen yg lebih kecil bakal menghasilkan komponen flavor yg berbau tidak sedap, oleh lantaran welirang tersebut. Bau tidak sedap yg khas dari jengkol ini bisa diminimalisir atau dikurangi dengan pengolahan yg baik dan benar.

2.    Akibat Asam Jengkolat (Jengkolan)
Keliru satu unsur utama dalam jengkol ialah asam jengkolat (penyebab jengkolan), yg berstruktur menyerupai asam amino sebagai pembentuk protein bakal tetapi tidak tercerna atau tidk bisa dicerna oleh badan dan tidak memberi manfaat sedikitpun untuk tubuh. Hal ini lebih diperparah lagi apabila terjadi pembentukan kristal asam jengkolat, inilah penyebab utama tersumbatnya jalan masuk urin. Dan apabila pengkristala ini berlanjut untuk waktu yg usang dan semakin bertambah banyak bisa mengakibatkan gangguan yg lebih parah menyerupai gangguan prostat dan ginjal.

Menurut aneka macam sumber dihentikan keras minum air jeruk Setelah makan jengkol, lantaran hal itu bakal mempercepat pembentukan asam jengkolan dalam tubuh. Jengkolan yg parah bisa menyebabkna kematian. Jengkolan sendiri bukan semata-mata disebabkan lantaran makan terlalu banyak jengkol bakal tetapi besar lengan berkuasa pula pada sistem daya tahan badan sendiri, jadi makan sedikitpun bisa menjadikan jengkolan.

Nah gimana gan,,, semoga Maknakel diatas bisa berkhasiat bagi juragan. untuk kunjunganya aku ucapkan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive