Home » » Pengertian Pbx Dan Cara Kerjanya

Pengertian Pbx Dan Cara Kerjanya

  Halo teman pada kesempatan kali ini saya akan sharing perihal apa itu pbx dan bagaimana proses kerja pbx server softswitch.


Pengertian Pbx :

  Pbx (private branch exchange) adalah  penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan sentra di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.

  PBX dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual saat ia menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem ini disebut dengan Hybrid systems. ‘Sistem kunci ini dibentuk dengan menentukan jalur keluar khusus dengan menekan nomor eksternal. Namun, sistem PBX mempunyai arahan telepon untuk menghubungkan satu akses dengan akses luar (DDCO – direct dial central office), dan diikuti dengan nomor eksternal. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melaksanakan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan memakai arahan telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO.

Cara kerja pbx server softswitch :

  Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,dan saat mereka ingin menciptakan panggilan mereka meminta IP PBX untuk melaksanakan panggilan.IP PBX mempunyai daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian sanggup menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP

Fungsi pbx :



fungsi dari pbx ini diantaranya :

1.Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan telepon tidak sibuk)

2.Menjaga koneksi atau sambungan selama memakai telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal bunyi antara pengirim dengan peserta pesan)

3.Mematikan koneksi atau relasi jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon

4.Menyediakan isu untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan usang waktu panggilan atau metering call)


sekian klarifikasi dari saya perihal pbx biar bermanfaat terimakasih.

sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pbx

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive