Home » , » Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch | 2016

Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch | 2016

Halo teman pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana pengertian dan konfigurasi ekstensi dan dial pada server softswitch.


Pengertian Ekstensi Dan Dial Pada Server Voip :

  Berbeda dengan PABX yang mempunyai ekstensinya biasanya berasosiasi dengan telephone, Pada Asterisk ektension ini di definisikan sebagai sekumpulan perintah untuk dijalankan. Pada ketika ekstension di dial perintsah yang di beri tanda 1 akan lebih dulu di jalankan, jilanjutkan dengan nomor 2 dan seterusnya sampai telephone di letakkan.

Komponen yang membangun tahapan ekstension atau command line yaitu sebagai berikut :

1.Extension yaitu sebuah string atau contoh yang harus di penilaian secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telephone.

2.Priority yaitu urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Seperti perintah yang pertama dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jikalau tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.

3.Command yaitu aplikasi yang akan di jalankan oleh Asterisk.

4.Parameter yaitu parameter yang harus di berikan kepada sebuah command , perlu diketahui juga bahwa tidak semua command membutuhkan parameter.

Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch :
  •  Konfigurasi Data Account Umum (General) --> Context Umum (harus ada context=default) --> Nama context user port=5060 --> default port untuk SIP binaddr-0.0.0.0 --> listen semua ip_addr yang request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes
  • Konfigurasi Data Account User/Etensions ;softphone -->nama atau nomor account [101] type=friend --> tipe account username=101 -->login account secret=101 --> password account host=dynamic --> host yang menjadi IP PBX, sanggup berubah nat=no -->mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn -->username@context
 Sekarang untuk mengkonfigurasi dial plan server softswitch, editlah file extensions.conf dengan memakai perintah :

nano /etc/asterisk/extensions.conf

Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah di nonaktifkan.Kemudian ketikkan perintah berikut ini pada file extensions.conf pada bab paling bawah :

exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) --> Dial extensions 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik

exten =>101,2,Hangup --> sesudah timeout dilakukan hangup exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)exten =>102,2Hangup

Sekian postingan dari saya kali ini biar bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive