Home » , » Mengubah Default Port Ssh Di Debian

Mengubah Default Port Ssh Di Debian

  Halo teman pada kesempatan kali ini aku akan sharing bagaimana cara mengganti port ssh di debian. Sebelum itu mari kita pahami dulu apa itu port.


Pengertian :

  Port yakni prosedur yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan aktivitas di dalam jaringan.Port sanggup mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server sanggup memperlihatkan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien sanggup mengakses sebuah layanan yang ada dalam server.

Latar belakang :

biasanya ssh itu terhubung dengan port 22 dan itu pun sudah banyak diketahui oleh orang-orang kebanyakan dan sanggup saja orang yang tidak bertanggung jawab sanggup masuk oleh alasannya yakni itu kita coba mengganti port sshnya.

Alat yang diharapkan :

---> Koneksi internet ke server debian
---> Server debian
---> Laptop
 
Maksud dan tujuan :

aku bermaksud untuk mengganti port ssh aku dengan port sesuka saya.

Tahapan pelaksanaan :
catatan : Sekarang kita masuk ke tahap pelaksanaan, mohon baca dan pahami setiap langkah-langkah dan klarifikasi yang ada dalam konfigurasi.
 Pertama-tama kita ssh dulu server kita, sehabis kita melaksanakan ssh kemudian kita edit file sshd_config dengan perintah menyerupai berikut :

#nano /etc/ssh/sshd_config


jikalau anda sudah menuliskan perintah kemudian anda cari text port 22 menyerupai gambar di bawah ini :


dari gambar diatas sanggup kita lihat bahwa terdapat goresan pena port 22 kemudian gantilah port tersebut sesuka anda dengan syarat port tersebut tidak terpakai, disini aku menggunakan port 373 :

  
Penjelasan :
Berikut teladan beberapa port yang sering di pakai :

* 20 & 21 : FTP     * 53 : DNS

* 22 : SSH          *  67 & 68 : DHCP

* 23 : Telnet       * 80 : HTTP

* 25 : SMTP         * 110 : POP3

* 123 : NTP         * 143 : IMAP

* 443 : HTTPS       * 445 : SMB  


Mengapa aku menentukan port 373 alasannya yakni port tersebut belum terdaftar dan belum di gunakan.

sehabis anda selesai mengkonfigurasi langkah diatas silahkan simpan dan keluar dengan cara ctrl+x kemudian Y dan ENTER . Kemudian restart lah ssh nya dengan perintah :

#/etc/init.d/ssh restart


Setelah itu coba kiat test ssh keserver kita melalui port 22 apakah bisa


menyerupai gambar diatas bahwa port 22 sudah di ganti untuk itu jikalau kita ingin ssh server kita harus melewati port 373 :


Dan sanggup kita lihat bahwa konfigurasi kita sudah berhasil .

Kesimpulan :

kita sanggup merubah port 22 ke port 373 dengan konfigurasi diatas untuk mengamankan server kita dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Port_(Jaringan_Komputer)

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive