Home » , » Kulit Kering Ketika Berpuasa? Atasi Dengan Cara Gampang Ini

Kulit Kering Ketika Berpuasa? Atasi Dengan Cara Gampang Ini


 serta kurangnya asupan cairan selama berpuasa seringkali menciptakan kulit kering dan kusam Kulit Kering Saat Berpuasa? Atasi dengan Cara Praktis Ini

Tips And Trik - Cuaca panas, teriknya matahari, serta kurangnya asupan cairan selama berpuasa seringkali menciptakan kulit kering dan kusam. Apalagi kalau Anda memiliki banyak acara di luar ruangan. Sebagian besar orang hanya mengandalkan penggunaan lotion saja, padahal kulit sehat selama berpuasa juga sanggup didapat dengan menerapkan tips sederhana ini.

"Saat bulan puasa, asupan cairan otomatis bakal berkurang. Ini yang paling kuat pada kesehatan kulit, umumnya kulit bakal menjadi lebih kering, kusam, dan kasar. Kesehatan kulit mencerminkan kesehatan badan secara keseluruhan, sehingga perawatannya harus bersifat holistik," tutur dr Gloria Novelita, SpKK, seorang hebat kulit dan kelamin, ketika dihubungi oleh detikHealth dan ditulis pada Rabu (17/7/2013).

Berikut 6 tips sederhana dari dr Gloria untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa:

1. Perbanyak asupan vitamin A, C, dan E


Pilih makanan sehat yang mengandung vitamin A, C, dan E baik ketika sahur maupun berbuka. Vitamin A terdapat pada hati sapi, wortel, brokoli, ubi jalar, kangkung, bayam, dan melon. Sedangkan vitamin C banyak terdapat pada stroberi, jeruk, anggur, lemon, pepaya, kismis hitam, kiwi, dan paprika. Untuk vitamin E, sumber terbaiknya antara lain alpukat, mangga, kiwi, pisang, bayam, brokoli, dan tomat.

2. Cukupi jam tidur

Usahakan untuk selalu mencukupi jam tidur selama berpuasa, yaitu 7-8 jam per hari. Menurut dr Gloria, kalau kurang tidur otomatis bakal kuat ke kesehatan kulit. Kulit bakal jadi terlihat lebih kusam dan tampak tidak sehat.

3. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan menggunakan air hangat justru menciptakan kulit menjadi lebih kering. Jika pada pagi hari Anda tidak kuat untuk mandi dengan air dingin, dr Gloria menyarankan untuk mencampurnya dengan sedikit air hangat namun pastikan suhunya tidak terasa terlalu hangat.

4. Pilih sabun yang lembab

Saat berbelanja, pilih dengan cermat sabun yang memiliki kandungan pelembab tinggi. Biasanya pada kemasan bakal terlihat goresan pena 'mild' atau 'high moisturizer'. dr Gloria sangat menyarankan untuk hindari penggunaan sabun dengan antiseptik atau anyir terlalu sering. Sebab, kandungan pelembabnya biasanya kurang dan sanggup menciptakan kulit menjadi kering.

5. Gunakan lotion secara teratur

Segera Setelah mandi gunakan lotion secara menyeluruh, alasannya yaitu kondisi kulit terbaik untuk diberikan lotion yaitu Setelah mandi. Pada waktu ini kondisi pori-pori kulit sedang terbuka dan sangat gampang menyerap kandungan lotion.

"Jadi Setelah mandi jangan segera mengeringkan secara total, Agarkan setengah kering dan usapkan lotion secara merata," terperinci dr Gloria.

6. Minum perhiasan kalau diperlukan

Jika memang dirasakan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit tidak tercukupi melalui asupan makan sehari-hari, berdasarkan dr Gloria ada baiknya mengonsumsi perhiasan vitamin, khususnya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive