Home » » Apa Itu Google Pagerank Dan Caranya Menghitungnya

Apa Itu Google Pagerank Dan Caranya Menghitungnya

Ini sesungguhnya sanggup menjadi pertanyaan yg sangat sulit untuk dijelaskan Apa Itu Google Pagerank Dan Caranya Menghitungnya

Apa itu Google Pagerank dan gimana trik menghitung Google Pagerank itu? Ini sesungguhnya sanggup menjadi pertanyaan yg sangat sulit untuk dijelaskan, tapi saya bakal mencoba membuatnya sesederhana mungkin.

Apa itu Google Pagerank?

Pagerank ialah sebuah istilah SEO untuk sistem evaluasi yg menawarkan poin-poin pada setiap halaman web di dunia maya yg dimiliki oleh Google. Poin yg diperoleh masing-masing halaman bakal diikutsertakan dalam evaluasi tamat untuk posisi di halaman pencarian. Semakin besar poinnya, maka semakin besar juga "bantuan" yg diberikan untuk posisi anda. Tapi perlu diperhatikan, bahwa porsi yg diberikan kepada pagerank Saat ini sudah tidak sebesar dulu. Kaprikornus hanya alasannya anda mempunyai PR3 belum tentu anda sanggup mengalahkan PR0, jikalau PR0 ini unggul di poin-poin lainnya....

Bagaimana Caranya Menghitung Google Pagerank?

Rumus Pagerank

Rumus untuk menghitung Google pagerank itu sendiri adalah:

PR = 0.15 + 0.85 (PR(T1)/C(T1) + PR(T2)/C(T2) + ... + PR(Tn)/C(Tn))
Keterangan:
PR(T1) itu nilai pagerank halaman T1
C(T1) itu jumlah link yg keluar dari halaman T1
berlaku seterusnya dari T2 hingga Tn

Rumus inilah yg bakal diiterasi berulang-ulang hingga batas yg ditentukan Google. keadaan tamat dari iterasi inilah yg bakal menjadi poin untuk halaman-halaman saudara.

Contoh Kasus Perhitungan Pagerank

Sekarang kita lihat rujukan kasus penerapannya hitungan ini di antara dua halaman web:

Ini sesungguhnya sanggup menjadi pertanyaan yg sangat sulit untuk dijelaskan Apa Itu Google Pagerank Dan Caranya Menghitungnya

Dalam kasus di atas, keduanya dimulai dengan PR2 (sebenarnya kita tidak tahu nilai PRnya berapa, tapi kita asumsikan saja nilainya sama-sama PR2.... Anda mau ubah nilai keduanya menjadi berapa saja boleh...hasilnya bakal sama saja nanti, tidak percaya?
Perhitungan pertama....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(2/1) = 1.85
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.85/1) = 1.72

Kita lakukan iterasi kedua....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.72/1) = 1.61
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.61/1) = 1.51

Kita lakukan iterasi ketiga
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.51/1) = 1.43
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.43/1) = 1.21

Iterasi terus berlanjut
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.21/1) = 1.17
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.17/1) = 1.14
........
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.14/1) = 1.11
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.11/1) = 1.09

Anda sanggup melihat bahwa angkanya semakin mendekati PR1, oleh alasannya itulah banyak yg beranggapan bahwa nilai default PR suatu halaman ialah PR1. yg bakal Mengubah itu nantinya ialah berapa banyak link masuk dan link keluar dari halaman tersebut.

Kaprikornus mari kita buat perhitungannya sedikit lebih kompleks lagi... Bagaimana jikalau melibatkan 4 halaman, yaitu 1 homepage, 1 halaman Maknakel, dan 2 halaman dari website lain.... Lihat gambar di bawah ini.

Ini sesungguhnya sanggup menjadi pertanyaan yg sangat sulit untuk dijelaskan Apa Itu Google Pagerank Dan Caranya Menghitungnya


Kita berikan lagi perkiraan PR awal untuk keempat halaman ini...terserah berapa saja. Kali ini kita asumsikan semuanya bernilai PR1. Apa yg bakal terjadi jikalau keempat halaman ini dirangkai mirip di atas? Mari kita lihat....

Iterasi pertama....
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(1/3 + 1/1) = 1.28
PR Halaman Maknakel = 0.15 + 0.85(1.28/1) = 1.24
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50

Iterasi kedua dengan nilai di atas
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(0.50/1 + 1.24/3) = 0.93
PR Halaman Maknakel = 0.15 + 0.85(0.93/1) = 0.94
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42

setelah 40 kali iterasi maka nilainya menjadi mirip di bawah ini:
PR Halaman Beranda = 0.64
PR Halaman Maknakel = 0.69
PR Halaman Eksternal 1 = 0.34
PR Halaman Eksternal 2 = 0.34

Pertanyaan umum seputar perhitungan pagerank

Apa yg anda lihat? Apakah anda merasa ada yg aneh? Mungkin bakal ada yg berkata: "Total awal PR itu ialah 4x1=4, Mengapa setelah diiterasi nilai totalnya kurang dari 4?" Perlu anda catat bahwa nilai 1 untuk setiap halaman tadi hanyalah sebuah perkiraan saja. Anda mau kasih masuk nilai perkiraan berapa saja, hasil hasilnya tidak bakal jauh dari nilai ini. Semua itu dikarnakan struktur link di antara ke empat halaman tersebut.

Mungkin ada juga yg bertanya: "Mengapa halaman beranda yg mendapatkan 2 link masuk dan cuma memberi 1 link keluar nilainya lebih kecil dari halaman Maknakel yg mendapatkan cuma 1 link masuk tapi memberi 3 link keluar? Bukankah link yg keluar dari halaman Maknakel lebih banyak dan link masuknya lebih sedikit? Mengapa PR-nya lebih besar?"

Jawabnya sederhana.... Untuk setiap putaran perhitungan, Google Pagerank itu dinilai hanya dari link yg masuk dan bukan dari link yg keluar. Tapi berhubung ini ialah iterasi yg melingkar hasilnya jumlah link yg keluar tadi bakal kembali mempengaruhi nilai masukannya.

Untuk menciptakan anda paham, maka anda Musti melihat 1 siklus iterasi saja. Beranda nilainya mengecil alasannya walaupun link masuknya ada dua tapi poin keduanya kecil-kecil. Link yg masuk ke beranda berasal dari 1 halaman Maknakel yg poinnya terbagi 3 dan 1 halaman eksternal yg memang kecil poinnya.

Berbeda dengan halaman Maknakel, walaupun link masuknya cuma 1, yaitu dari beranda.... tapi hanya ada 1 link keluar dari beranda, jadi poinnya tidak terbagi.... Kaprikornus Jika anda mau meningkatkan Google pagerank suatu halaman, ada tiga hal yg Musti anda perhatikan, yaitu: Jumlah backlink, PR masing-masing backlink, dan jumlah link keluar dari masing-masing backlink.

Kaprikornus hanya alasannya link masuk ke beranda lebih banyak daripada link masuk ke Maknakel belum tentu nilai beranda lebih besar. Lihat dulu nilai poin yg diteruskan oleh masing-masing backlink tadi.

Mudah-mudahan ini sanggup menawarkan sedikit citra trik kerja pagerank dari Google. Di mana Google menawarkan suatu nilai perkiraan awal yg sama untuk triliunan halaman web. Kemudian mulai melaksanakan iterasi berulang-ulang untuk triliunan halaman tersebut, hingga tercapai syarat dari keadaan terhentinya iterasi....

Apakah kita sanggup juga ikut menghitung pagerank yg ditetapkan oleh Google? Rasanya tidak, kita bakal terbentur 2 masalah besar:
  1. Kita tidak tahu apa kriteria yg ditetapkan oleh Google untuk menghentikan iterasinya, dan
  2. Kita tidak tahu gimana sketsa rangkaian seluruh webpage di jagad maya ini.
Berusaha menghitung pagerank halaman anda ialah sebuah kesia-siaan, alasannya pertambahan backlink itu ialah sesuatu yg tidak mungkin anda usut dengan tenaga insan anda. Anda Musti menciptakan sebuah robot yg menjelajahi seluruh dunia maya.... Dan jikalau anda memang pada hasilnya menciptakan sebuah robot mirip itu, sekalian saja buat search engine anda sendiri.

Kaprikornus sederhanakan saja pikiran anda. Cukup cari backlink yg banyak dan jikalau semua backlink itu one way dofollow, maka tidak bakal ada masalah bagi anda. One way itu maksudnya cuma blog orang lain yg menunjuk ke blog anda, dan blog anda tidak menunjuk balik ke blog orang itu.

Pengetahuan komplemen Seputar Pagerank

Apakah link gambar juga meneruskan pagerank?

Jika yg anda maksud mirip banner maka jawabnya ialah YA! Hanya saja jangan hingga anda "menjual" banner yg meneruskan pagerank. Jika algoritma Google menangkap ini, maka pagerank anda yg dibanting. Seperti insiden yg dialami Keliru satu kantor info asing, yg Pageranknya semula 7 tapi lalu diberi hukuman menjadi 3.

Kaprikornus Jika suatu Saat saya ternyata membuka layanan iklan banner, maka harap maklum, yg saya tawarkan cuma pengunjung blog ini dan bukan pagerank dari blog ini. Karena Jika hingga tertangkap dan pagerank saya dijatuhkan, pengunjung niscaya drop....dengan demikian saya selaku pemilik blog dan anda yg telah membayar bakal sama-sama dirugikan.

Bagaimana trik menaikkan pagerank?

Sederhana sekali untuk menaikkan pagerank yg anda perlukan ialah mendapatkan backlink untuk blog saudara. Sedangkan mencari backlink ini ialah bab dari dari optimasi SEO Offpage yg bakal sangat mempengaruhi peringkat blog saudara di SERP.

Mengapa semakin sulit untuk naik ke pagerank yg lebih tinggi?

Anda sudah melihat iterasi tadi, semakin tinggi PR yg anda kejar, maka semakin banyak halaman yg dilibatkan, dan semakin merata pageranknya sehingga semakin sulit menanjak. Jika anda mau tahu....untuk naik dari PR0 ke PR1 mungkin 100 backlink sudah cukup, tapi untuk naik dari PR9 ke PR10 anda butuh milyaran komplemen backlink. Mungkin ilustrasi di bawah ini sanggup menyadarkan anda gimana sulitnya itu....

Ini sesungguhnya sanggup menjadi pertanyaan yg sangat sulit untuk dijelaskan Apa Itu Google Pagerank Dan Caranya Menghitungnya

Bisa anda lihat? Tangganya semakin terjal, dan usaha mencapai PR7 belum ada apa-apanya dibandingkan anda mau naik ke PR8 hingga PR10.... Anda benar-benar Musti mempunyai sesuatu untuk ditawarkan ke seluruh dunia untuk menembus PR8.

Apakah dari backlink hanya pagerank saja yg perlu kita perhatikan?

Jawabnya ialah TIDAK! Dari backlink itu yg dinilai bukan cuma poin halaman alias link juice, setidaknya ada 4 poin utama yg dinilai dari sebuah backlink:
  • Poin halaman yg diberikannya
  • Voting teks jangkar yg diberikannya
  • Poin relevansi antar Maknakelnya dengan Maknakel anda
  • Poin reputasi dari domain halaman website tersebut
Kaprikornus Jika website CNN menaruh link anda di sidebarnya.... Man! You will have a very...very....nice dream! Tapi jangan mimpi di siang bolong ya.... kembali ke dunia nyata. Anda butuh sesuatu yg luar biasa untuk menciptakan itu terjadi....

Caranya terbaik untuk menjaga kestabilan pagerank

Kestabilan pagerank terjadi jikalau masukkannya relatif stabil. Sebagai contoh, jikalau halaman Maknakel saudara mengandalkan homepage sebagai sumber pagerank, maka pastikan tidak ada outbound link pada homepage, alasannya itu bakal mengurangi poin halaman Maknakel. Untuk melaksanakan ini gunakan rel nofollow, dan sebaiknya jangan mengubah blog nofollow jadi dofollow.

Jika saudara tidak tahu apa perbedaan keduanya baca Maknakel apa perbedaan dofollow dan nofollow?

Ok, itu saja pembahasan wacana dasar pagerank. Mudah-mudahan sanggup menjawab pertanyaan teman-teman wacana apa itu pagerank dan gimana trik menghitung poinnya? Walaupun kesimpulan hasilnya ialah tidak usah menghitung pagerank, sanggup terbakar otak anda nantinya. Sekali lagi, terima kasih sudah mau mampir di blog ini. Segera minum analgesic Jika anda pusing...

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive