Home » , » 12 Kesalahan Membangun Bisnis Online yg Paling Sering Terjadi

12 Kesalahan Membangun Bisnis Online yg Paling Sering Terjadi

 kesalahan yg Biasa dilakukan di dalam membangun bisnis online 12 KESALAHAN MEMBANGUN BISNIS ONLINE yg PALING SERING TERJADI
Sudah terlalu banyak saya bertemu dengan orang-orang yg ingin membangun bisnis online yg sukses, tapi gundah dan tidak tahu Caranyanya. Mereka hanya terus menciptakan kesalahan-kesalahan yg bisa dikatakan membuang waktu dan uang mereka dalam menyebarkan bisnis online mereka.

Oleh sebab itu di sini saya mau membagikan kepada teman-teman pembaca blog ini kesalahan-kesalahan SEO (optimasi mesin pencari) yg paling umum dilakukan oleh mereka yg melaksanakan bisnis online.

Jika anda gres bakal menciptakan web anda, maka ada baiknya anda membaca semuanya.... Jika anda sudah terlanjur menciptakan website anda, maka anda tetap saja perlu membaca semuanya, supaya ke depannya anda tidak melaksanakan kesalahan yg lainnya.

KESALAHAN 1: menggunakan DOMAIN GRATISAN

Dalam membangun bisnis, anda memerlukan sesuatu yg disebut sebagai rasa percaya. Anda sulit berharap orang bakal deal dengan bisnis online anda bila bisnis online anda masih menggunakan domain blogspot atau wordpress atau co.cc, dan sebagainya.

Mengapa orang sulit mempercayai domain gratisan? Karena benar-benar tidak bermodal, dan bisa dibentuk massal untuk hal-hal yg tidak bertanggung jawab. Bukankah banyak penipu yg mengirim SMS menggunakan alamat blog gratisan?

Kaprikornus bila tujuan anda yaitu meraih banyak pembeli di dalam bisnis online anda, maka sebaiknya anda menghindari menggunakan domain gratisan. Sayang sekali bila anda sudah menghabiskan waktu anda untuk menciptakan banyak Maknakel, dan setelah itu menghabiskan banyak waktu atau biaya untuk backlink, tapi ternyata setelah anda ranking, anda tidak mendapatkan penjualan apapun hanya sebab domain anda yg gratisan.....

Kesalahan mirip ini bisa anda hindari hanya dengan merogoh kocek 100 ribuan per tahun untuk membeli nama domain. Beli yg .com, sebab versi ini yg paling Mudah diingat orang. Jangan hingga pelanggan anda nyasar ke website orang sebab mengetik versi .com, sedangkan anda menggunakan versi lainnya.

KESALAHAN 2: MEMBUAT WEBSITE HOST SENDIRI DI SERVER yg PAYAH

Ini yaitu kesalahan yg cukup sering terjadi, tampaknya dari 10 pebisnis ada 1 yg menggunakan server yg payah. Selain lambat dalam waktu pemuatan, seringkali server memblokir robot dari Google. Ini yaitu penyakit yg bila tidak cepat disadari bakal menjadikan kerugian sebab peringkat anda di Google bakal terus merosot.

Seringkali orang merasa onpage atau backlinknya yg gagal, dan menghabiskan waktu untuk mengorek semua hal itu, tapi tidak terjadi perubahan sebab masalahnya ada pada layanan dari server lokasi websitenya di host.

Untuk mengetahui apakah website anda tidak bermasalah dengan Googlebot, maka anda bisa mencoba fitur di google Webmaster Tools yg disebut Fetch as Google. Jika ini sukses, maka seharusnya website anda baik-baik saja. Tapi bila ini gagal, atau anda sendiri sulit membuka website anda (lambat loading), maka anda Musti segera mengajukan permohonan pengecekan ke pemilik layanan server.

Tapi satu hal yg perlu anda ketahui, yaitu layanan dari server itu diubahsuaikan dengan harga. Anda tidak bisa mengharapkan kecepatan yg prima, bila menentukan paket yg paling murah. Anda Musti fair, sebab di dalam bisnis ada yg namanya investasi.

KESALAHAN 3: DESAIN WEBSITE yg TERLALU MENYEDIHKAN

Maksud dengan desain menyedihkan itu yaitu desain yg seadanya dan tidak profesional, mirip orang yg gres berguru menciptakan halaman website dan sudah kebelet mau bermain bisnis online.

Kesalahan dalam bisnis online yg satu ini sifatnya sama dengan kesalahan sebab nama domain gratisan; di mana anda bakal terlihat tidak profesional. Desain website yg sangat berserakan atau terlalu polos tidak bakal mengundang orang untuk menggunakan atau membeli produk anda. Anda Musti menguasai gimana trik mengatur warna dan posisi dari setiap elemen untuk “menguasai otak” dari pengunjung website anda

Banyak orang yg gagal dalam menjual walaupun sudah membeli nama domain dan web hosting sendiri.... dan semua itu sebab tampilan dari websitenya masih terlihat menyedihkan.

Tanpa bermaksud jelek saya ingin membandingkan ini dengan beberapa pebisnis MLM yg biasa mempromosikan kesuksesan tapi dandanannya miris. Kesalahan bukan pada industrinya, tetapi pada penampilan pemasarnya.

Anda tidak bisa meyakinkan orang bila penampilan anda sendiri sangat meragukan. Percuma biCaranya mengenai garansi ini dan itu terhadap produk anda bila ternyata anda tidak bisa menciptakan website yg terlihat serius. Teman saya sudah pertanda bahwa konversi penjualan webnya naik dari 1% ke 6%-7% Saat ia merogoh kocek  untuk membayar jasa web designer profesional, atau sekedar membeli template bisnis online profesional yg sudah tersedia di pasaran.

KESALAHAN 4: MEMBUAT TITLE TAG yg RAKUS

Apakah anda pernah melihat website yg menggunakan title tag yg sangat panjang mirip di bawah ini:
JUAL SEPEDA MOTOR MEREK HONDA, SUZUKI, YAMAHA DENGAN HARGA MURAH KREDIT BUNGA RINGAN DP TERJANGKAU DI KOTA JAKARTA ON THE ROAD BLA....BLA....BLA

Tujuan penggunaan title mirip ini sudah jelas, yaitu untuk menguasai sebanyak mungkin kata kunci yg bisa dikuasai. Tapi ini yaitu kesalahan fatal. Anda tidak bisa serakus ini, sebab poin dari title tag anda bakal dibagi ke setiap kata sehingga setiap kata hanya bakal mendapatkan sedikit saja poin. Alih-alih menguasai banyak kata kunci, anda justru bakal gagal di semua kata kunci, sebab setiap kata kunci mendapatkan poin yg kecil-kecil.

Apa solusinya bila ingin menguasai aneka macam kata kunci? Solusinya Cuma satu, yaitu anda Musti menciptakan lebih banyak halaman, dan setiap halaman Musti anda buat dengan Maknakel yg panjangnya setidaknya 900 kata. Tunjukkan sedikit ke Google, bahwa anda serius mau sukses di bisnis online anda dan anda tidak main-main.

Tujuan dari menciptakan banyak Maknakel ini yaitu supaya anda bisa membagi title tag yg panjang tadi ke dalam title tag yg panjangnya hanya 5-7 kata.

KESALAHAN 5: MALAS MEMBUAT MaknaKEL

Nah, yg ini masih sambungan dari yg di atas, di mana kegagalan terjadi sebab kemalasan untuk bekerja. Anda perlu memperhatikan gimana website besar mirip LAZADA, dan TOKOPEDIA saja masih berusaha menciptakan klarifikasi yg panjang dan memadai mengenai produk-produk yg mereka jual.

Jika website yg mempunyai budget promosi milyaran ini masih mau repot melaksanakan itu, maka seharusnya anda pengusaha modal seadanya atau bahkan yg tidak punya budget promosi Musti lebih besar niatnya untuk bekerja keras....

Bagaimana bila malas mengetik Maknakel, apa ada solusi lain? Tentu ada; solusinya yaitu berhenti bermimpi mempunyai bisnis online dan lakukan semua seCaranya konvensional dan offline.... ^_^

Beberapa niche mempunyai persaingan yg sudah sangat keras luar biasa; sedangkan halaman pencarian di google hanya menyediakan 10 lokasi saja.... tidak ada lokasi bagi pemalas.... Kaprikornus daripada membuang waktu dalam bermimpi....saran di atas yaitu saran yg Musti dipertimbangkan oleh mereka yg malas mengelola webnya.

Tentu alasan yg logis yaitu bisnis offline mereka lebih menghasilkan Saat ini dan bisnis online belum menawarkan hasil. Tapi Jika kita malas mengelola website kita, maka terperinci bisnis online yg belum menawarkan hasil itu bakal tetap tidak menawarkan hasil hingga kapanpun

KESALAHAN 6: HANYA MENGANDALKAN ONPAGE ATAU HANYA MENGANDALKAN BACKLINK

Algoritma dari google yaitu sangat kompleks Saat ini. Google bekerja dengan mengandalkan 2 sinyal utama, yaitu onpage dan offpage. Sinyal onpage untuk mengukur seberapa relevan isi dari halaman dengan kueri pencarian. Sedangkan sinyal backlink untuk mengukur otoritas atau popularitas dari sebuah halaman website.

Mengandalkan Keliru satu aspek saja bakal menciptakan website anda menjadi sangat timpang. Sebagai referensi bila anda hanya mengandalkan onpage saja, dan tidak ada backlink, maka Google bakal menanggapi itu sebagai website yg relevan saja, tapi tidak cukup berkualitas sebab tidak ada yg mau mengutip web anda di website mereka.

Sebaliknya bila web anda mempunyai banyak backlink, tetapi kualitas dari onpagenya rendah, maka itu bakal menciptakan backlinknya sebagai sesuatu yg terasa tidak sesuai untuk halaman anda, dan Google bakal mengabaikannya.

Untungnya Google hanya mengabaikan itu dan tidak membuatnya menjadi penalty. Kaprikornus bagi mereka yg mempunyai banyak backlink; PR selanjutnya yaitu memperbaiki onpage mereka supaya website mereka menjadi relevan dengan backlink tersebut sehingga Google bakal memperhitungkan semua poin yg sudah “menunggu di pintu masuk” itu pada Saat kunjungan yg berikutnya.

KESALAHAN 7: ONPAGE DULU, NANTI BARU OFFPAGE.... ATAU SEBALIKNYA

Google mengamati website dan melihat seberapa dinamis website tersebut. Seberapa pertumbuhan kontennya, dan seberapa banyak pertambahan reputasi onlinenya. Kaprikornus normalnya yg terjadi yaitu pertambahan konten terus terjadi pada Saat backlink bertambah.

Apa yg terjadi bila keselarasan itu tidak terjadi?

Jika onpage bertambah pada Saat backlink tidak bertambah, maka Google bakal menganggap kontennya tidak terlalu disukai oleh pembaca sehingga tidak ada yg merekomendasikan website anda. Itu berMakna Maknakel-Maknakel segar anda tidak mendapatkan balasan dari komunitas di internet....

Bagaimana bila anda menambahkan backlinknya belakangan. Tentu itu bisa saja diusahkan, tapi biasanya Maknakel bakal kehilangan poin kesegarannya sehingga memerlukan backlink yg lebih banyak untuk menambah poinnya.

Kaprikornus seandainya anda sudah mempunyai sebuah website dengan konten yg cukup banyak kemudian berusaha memasangkan backlink, maka setidaknya usahakan supaya website anda terus menambahkan Maknakel, sekurang-kurangnya 3 Maknakel per bulan. Jangan menciptakan website anda terlihat mirip website yg benar-benar mati dan terabaikan; sebab setelah sebulan lewat (masa deep crawling), peringkatnya bakal mulai merosot.

Lalu gimana bila backlinknya duluan? Seperti yg sudah saya jelaskan di atas.... poinnya hanya bakal menunggu di depan pintu dan gres bakal ada gunanya Saat website anda semakin baik dalam konten.

Kaprikornus mana saja yg kita tunda pelaksanaannya bakal menunda keberhasilan dari meningkatkan seCaranya optimal website bisnis online kita..... Kaprikornus jauh lebih baik melakukannya seCaranya bersamaan, walaupun kesudahannya perkembangan keduanya menjadi lebih lambat (jika anda Musti mengusahakannya sendiri dan membagi waktu anda).....

KESALAHAN 8: MENGANGGAP BACKLINK ADALAH SEGALANYA

Backlink yaitu sesuatu yg amat sangat penting. Anda tidak bisa menjadi juara di banyak kata kunci tanpa backlink; terlebih lagi bila persaingannya memang sangat keras. Tapi jangan hingga dikira backlink saja bisa membawa anda menjadi juara di hasil pencarian di Google.

supaya saya jelaskan sedikit di sini supaya lebih Mudah dipahami....

Backlink yaitu berfungsi untuk menaikkan domain authority dari website anda. Semakin baik domain authority dari website anda, maka bakal semakin Mudah website anda mendapatkan ranking. Bahkan Maknakel-Maknakel gres bisa pribadi masuk halaman satu tanpa susah payah mencari backlink lagi. Tapi Google tidak beranggapan bahwa backlink itu Musti sebanyak-banyaknya..... Ini sudah bukan zamannya lagi mencari jutaan backlink.... Beda dengan dulu di mana semakin banyak backlink berMakna semakin kuat....

Sekarang ini mendapatkan backlink dari 300-700 nama domain tidak sama saja sudah bisa terbilang cukup untuk menaklukkan persaingan yg berat di Indonesia. Jika mau kelas dunia tentunya bakal lebih banyak lagi. Tapi backlink juga menawarkan titik saturasinya; di mana pertambahan yg terjadi berikutnya sudah tidak terlalu berpengaruh. Seolah-olah Google beranggapan bahwa “nilai segini sudah cukup niscaya ada sesuatu yg Istimewa di website ini, apa benar kontennya relevan dengan pencarian”....

Nah Jika kontennya tidak sama dengan backlinknya, ya mirip yg sudah-sudah di atas; backlinknya diabaikan.... Kaprikornus anda Musti mengusahakan keduanya

KESALAHAN 9: KEPADATAN KATA KUNCI PADA HALAMAN TEROPTIMASI SANGAT LEMAH

Ada aneka macam orang yg mengoptimasi kata kunci untuk sebuah halaman, tapi pada Saat kita mencari kata tersebut di halaman tersebut, ternyata tidak ada sama sekali. Jangankan dalam urutan frasa yg benar; untuk kata per kata saja tidak bisa ditemukan. Bagaimana bisa halaman web mirip ini dibutuhkan untuk ranking?

Setidaknya anda Musti memunculkan beberapa kali kata kunci di dalam halaman yg dioptimasi. Jika anda ragu, maka sebaiknya anda menjaga jumlah kata kuncinya di batasan yg kondusif namun tetap cukup signifikan; yaitu diantara 3% hingga 4%.... Maksud di sini yaitu kepadatan kata kunci untuk seluruh isi halaman tersebut; baik di header, maupun di kolom utama dan sidebar.

Kaprikornus seumpamanya anda menciptakan halaman yg total katanya ada 1000 kata, maka setidaknya usahakan kata kunci anda muncul sebanyak 30-an kali di dalam halaman tersebut.

KESALAHAN 10: PENGULANGAN KATA KUNCI DI SEMUA HALAMAN DALAM WEB TERSEBUT SANGAT RENDAH.

Anggap saja anda menciptakan website wacana JUAL SEPEDA ONLINE; maka pada halaman homepage anda Musti menekankan kata JUAL; SEPEDA; dan ONLINE. Tapi jangan hanya muncul di halaman muka saja. Pastikan kata ini selalu muncul dalam Maknakel-Maknakel produk anda. Hal ini bakal membantu website anda untuk mendapatkan poin relevansi yg sangat besar.

Bagaimana bila produk anda terlalu beragam? Jika produk anda terlalu beragam; maka anda Musti membagi tahapan meningkatkan seCaranya optimal anda menjadi 3 tahap; yaitu meningkatkan seCaranya optimal halaman muka untuk kata kunci umum mirip JUAL ONLINE MURAH TERPERCAYA; dan setelah itu anda melaksanakan meningkatkan seCaranya optimal untuk halaman KATEGORI mirip JUAL ONLINE SMARTPHONE MURAH TERPERCAYA; nanti setelah itu gres terbagi ke dalam halaman-halaman produk mirip JUAL ONLINE SMARTPHONE SAMSUNG XXXXX MURAH TERPERCAYA.

Jika anda bisa menciptakan hirarki mirip ini, maka meningkatkan seCaranya optimal untuk website anda bakal menjadi jauh lebih ringan.

KESALAHAN 11: MEMUSATKAN OPTIMASI PADA LAMAN MaknaKEL TERLEBIH DAHULU

Hal yg lazim terjadi yaitu sebuah website mendapatkan backlink yg terpusat pada homepagenya dibandingkan pada halaman Maknakelnya. Penambahan backlink pada halaman muka bakal dengan cepat menaikkan domain authority; dan itu bakal menciptakan dampak yg lebih menyeluruh ke seluruh Maknakel yg berada di dalam domain tersebut. Efek yg paling kuat tentunya bakal mengalir ke halaman-halaman yg linknya bisa ditemukan di dalam halaman muka tersebut....

Jika kita melaksanakan meningkatkan seCaranya optimal terpusat di sebuah halaman Maknakel, maka imbas yg terlihat lebih lokal; sehingga butuh waktu yg lebih usang untuk mendapatkan otoritas domain yg lebih baik dari yg sudah ada Saat ini.

Kaprikornus pada dasarnya anda disarankan untuk memulai meningkatkan seCaranya optimal offpage anda pada halaman muka terlebih dahulu; sambil rajin menambah konten Maknakel gres di website maupun blog anda.

KESALAHAN 12: BUTA MASALAH LINK

Link yaitu sesuatu yg sangat penting di dalam optimasi; sebab ini yaitu yg bakal membantu mengalirkan poin ke setiap halaman yg ingin kita optimasi. Sayangnya banyak orang yg tidak tahu menahu wacana pentingnya pengaturan link di dalam website mereka; sehingga mereka malah merusak website yg susah payah dioptimasi.

Berikut ini yaitu beberapa kesalahan yg lazim dilakukan:
  • Terlalu banyak memasang link di dalam satu halaman Saat gres memulai meningkatkan seCaranya optimal website. Ini mirip berusaha mengangkat beban yg berat dengan otot bayi. Kaprikornus seharusnya jumlah link yg ditayangkan di dalam halaman itu dibatasi sekitar 50-an saja dulu.... Link ini bisa berupa link Maknakel andalan dan link yg menuju halaman-halaman label.
  • Memasang link menuju akun social media anda di penggalan atas header. Ini bakal menciptakan poin yg sangat besar mengalir ke halaman social media; padahal yg ingin anda berikan poin terbesar yaitu website anda.
  • Memasang link keluar menuju website keluar yg benar-benar tidak relevan. Ini kesalahan yg biasanya tidak disadari dilakukan. Misalnya dengan memasang link keluar sebab melekat banner directory di website.
  • Tidak memasang link yg menuju halaman itu sendiri.

Kaprikornus semua ini yaitu 12 kesalahan umum dalam membangun bisnis online yg sering sekali saya temui sebagai penghambat dari website-website bisnis online untuk mendapatkan posisi, trafik, dan deal yg diinginkan. Jika ini tidak diperbaiki, maka saya sangat yakin bisnis online yg dibangun bakal terhambat perkembangannya. Mudah-mudahan hal ini bisa membantu teman-teman menyadari apa yg masih kurang pada website anda.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive