Home » » Google Menetapkan Waktu 1 Detik Untuk Render Website Mobile

Google Menetapkan Waktu 1 Detik Untuk Render Website Mobile

 untuk menganalisa kecepatan website kita Google Menetapkan Waktu 1 Detik Untuk Render Website Mobile

Biasanya kita menggunakan pagespeed insight untuk menganalisa kecepatan website kita. Baik itu untuk tampilan desktop maupun untuk tampilan mobile. Khusus untuk tampilan mobile, pagespeed bakal menawarkan rekomendasi untuk menciptakan sebuah halaman dapat dirender kurang dari 1 detik.

Ini ialah proses yg penting bagi anda yg gres belajar SEO, sebab jikalau website kita gagal memenuhi batas-batas waktu ini, maka meningkatkan seCaranya optimal SEO yg kita lakukan dapat lebih berat.

Mengapa Google menerapkan ini? Katanya sih riset mereka memperlihatkan bahwa penundaan 1 detik saja dapat menciptakan pengguna mobile google berubah pikiran dan memberi user experience yg jelek.

Google bertujuan semoga penggunanya tetap berinteraksi dengan halaman web yg diberikan dan puas dengan hasil pencarian, apapun gagdetnya dan apapun koneksi jaringannya.

Memenuhi Standar 1 Detik

Jelas tidak Mudah untuk memenuhi standar ini. Untungnya tidak semua halaman Musti dimuat dalam 1 detik. Google menargetkan halaman yg pertama kali tampil di layar, atau konten above the fold yg Musti dimuat kurang dari 1 detik. Selebihnya dapat dimuat di latar....

Tapi yg menjadi persoalan ialah Google juga menargetkan "apapun koneksi jaringannya".... dan ini yg sulit. Bagaimana Jika ada yg online menggunakan koneksi 2G? Ya tentunya koneksi yg Biasa Saat ini ialah 4G, tapi 2G ... apalagi 3G masih cukup banyak penggunanya.

Dalam hal ini Google hanya memperhitungkan pengguna 4G saja. Makara Google berasumsi bahwa ajakan yg dikirim ke jaringan bakal memakan waktu 0,1 detik dari ketersediaan 1 detik untuk memuat konten above the fold tadi.

Makara Jika melihat koneksi dari browser ke server, maka bakal ada sekitar 0,3 detik yg dibutuhkan untuk melaksanakan penyelesaian nama host menjadi IP address oleh DNS lookup; perjalanan jaringan untuk melaksanakan jabat tangan TCP; dan sebuah koneksi TLS alternatif....

Makara dari sini kita punya waktu 0,7 detik lagi untuk menciptakan website kita menayangkan konten layar awal....

yg Musti Dilakukan

Untuk menciptakan tampilan awal website anda dapat dimuat dalam waktu kurang dari 1 detik, maka ada beberapa hal yg perlu anda perhatikan, yaitu:
  1. Mengurangi Waktu Respon Server kurang dari 0,2 detik
  2. Hindari redirect di dalam pemuatan halaman
  3. Jumlah data terkirim dalam render pertama Musti diminimalkan. Karena TCP Musti memperkirakan kapasitas dari sebuah koneksi, maka sebuah koneksi TCP tidak dapat pribadi menggunakan semua bandwidth yg tersedua antara klien dan server.
    Server dapat mengirim hingga 10 paket TCP atau sekitar 14KB di pengiriman data awal untuk memulai koneksi baru. Karena sikap TCP ini, maka sangat penting untuk meminimalkan konten semoga perjalanan data untuk perenderan awal dapat lebih sedikit.
  4. Hindari javascript atau CSS external yg menghalangi perenderan konten awal halaman Saat anda menciptakan website. Sebelum browser dapat merender sebuah halaman; browser itu Musti melaksanakan parsing pada halaman web. Jika browser menemukan sebuah script yg tidak async maka browser Musti berhenti terlebih dahulu untuk mendownload script ini. Makara setidaknya untuk memudahkan perenderan awal sebaiknya menggunakan inline javascript dan CSS.
Masih ada beberapa hal lagi yg dapat anda pergunakan untuk mengurangi waktu yg diharapkan untuk melaksanakan render, tapi anda dapat mencoba 4 hal di atas. Tentu bagi kebanyakan orang ini bukanlah hal yg mudah. 

Jika anda tidak tahu trik menciptakan website yg ringan untuk koneksi mobile; anda dapat meminta pertolongan ke jasa pembuatan website untuk mengedit website anda. Saat ini sudah banyak yg menyediakan jasa pembuatan website ini.

Kedepannya, persaingan SEO bakal semakin keras, dan bakal semakin banyak hal yg dituntut dari website anda. Makara tidak ada salahnya anda mempelajari dasar-dasar desain web dari sekarang.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive