Home » » Apa Itu Seo? Dan Caranya Kerja Search Engine Optimization 2016

Apa Itu Seo? Dan Caranya Kerja Search Engine Optimization 2016

SEO yaitu abreviasi dari Search Engine Optimization Apa itu SEO? Dan Caranya Kerja Search Engine Optimization 2016
Edisi Pemula 2016 Full Update Terbaru---


SEO yaitu abreviasi dari Search Engine Optimization. Ini merupakan sekumpulan kegiatan yg dilakukan untuk memenuhi standar kualitas dari mesin pencari, supaya halaman web kita sanggup meraih ranking pertama di hasil pencarian dengan mengalahkan semua pesaing pada suatu kata kunci tertentu.

Kata Kunci yaitu semua hal yg diketikkan orang pada dikala menggunakan Google. setelah kata kunci diketikkan, Google bakal menampilkan hasil pencarian yg dibutuhkan oleh penggunanya. Mereka yg melaksanakan SEO ingin mendapatkan trafik dari Google dengan menaklukkan kata-kata kunci tertentu yg bisa membawa trafik ke website yg dioptimasi.

Untuk bisa mendapatkan trafik dari google bukanlah hal yg mudah, alasannya yaitu Google hanya menyediakan 7-10 lokasi pada halaman pertama. Sedangkan website yg menyediakan informasi yg serupa bisa mencapai jutaan. Kaprikornus hanya alasannya yaitu bisa menciptakan sebuah blog atau website, bukan berMakna anda bakal mendapatkan trafik dari Google.


Mengapa Google Selalu Menonjol Di Dalam SEO?

Mengapa dari tadi kita hanya menyebut Google? Sebagai permulaan dalam aktifitas berguru SEO anda, maka perlu diinfokan bahwa 68% pencarian di dunia ini ditangani oleh mesin pencarian google. Hal itu dikarnakan Google mempunyai algoritma yg paling berkembang dikala ini dan bisa memperlihatkan hasil yg lebih relevan dan fresh.

Search engine yg lain masih banyak yg menerapkan faktor usia halaman sehingga halaman-halaman yg gres sulit mendapatkan peringkat di dalam hasil pencarian mereka. Hal ini menciptakan Google disukai oleh para pencari dan pembuat web.


Bagaimana Caranya Kerja Google dan Mesin Pencari Lainnya?

Google dan mesin pencari lainnya bekerja dengan melalui 3 tahapan, yaitu:
  1. Perayapan
  2. Pengindeksan, dan
  3. Penyajian hasil pencarian
Untuk poin pertama dan kedua google dan search engine lainnya mengandalkan apa yg disebut robot. Sedangkan untuk poin yg ketiga mereka menggunakan serangkaian algoritma untuk melakukannya. Anda perlu mengenal apa itu robot dan apa itu algoritma....


Apa itu Robot Search Engine?

Robot search engine yaitu kegiatan yg dibentuk untuk membuka halaman website, merayapi semua isi halaman web tersebut, mengambil data, membuka semua link pada halaman web tersebut, dan mengulangi semua proses ini pada halaman web yg dibuka melalui link-link tadi.

Kurang lebih trik kerja search engine itu sama dikala anda membuka sebuah halaman website dan membacanya kemudian mengklik link-link lain pada halaman itu untuk membaca halaman-halaman yg lainnya. Perbedaan yaitu Google melakukannya dengan menggunakan Googlebot yg merupakan sekumpulan besar set komputer yg melakukannya dalam kecepatan yg jutaan kali kecepatan anda.


Mengapa dibutuhkan Perayapan?

Perayapan itu maksudnya Googlebot mengunjungi semua halaman website yg bisa dikunjungi, dan tujuannya yaitu mengumpulkan data halaman-halaman tersebut ke sistem index Google. Data di dalam index inilah yg dihidangkan dikala kita melaksanakan pencarian.


SEO yaitu abreviasi dari Search Engine Optimization Apa itu SEO? Dan Caranya Kerja Search Engine Optimization 2016
server-server lokasi data semua halaman web disimpan
Jadi untuk memastikan halaman web anda masuk dalam daftar hasil pencarian Google, maka halaman web itu Musti masuk dalam index.... dan untuk masuk dalam index anda Musti memastikan halaman web anda bisa dirayapi oleh Google. 

Caranya terbaik untuk memastikan itu yaitu mempunyai banyak link dari halaman-halaman yg sudah terindex yg merujuk ke halaman web anda. Link-link dari website lain yg menuju ke halaman web anda ini biasa disebut backlink.

Sebelum anda mencari banyak link untuk memastikan perayapan, maka terlebih dahulu anda Musti memastikan halaman web anda bisa dirayapi. Percuma saja banyak backlink jikalau halaman anda tidak bisa dirayapi. 

Untuk yg satu ini anda bisa mencoba fitur Google Webmaster Tools, yaitu Fetch As Google.

Sebelum melaksanakan fetch, tentunya website anda Musti sudah terhubung ke webmaster tools. Bagi pengguna blogspot tidak perlu repot, alasannya yaitu blogspot sudah terhubung otomatis dengan webmaster tools dari google. yg perlu melaporkan websitenya ke google webmaster tools yaitu yg mempunyai website di luar produk google.


Mendaftar Webmaster Tools

Ini juga merupakan proses penting di dalam belajar SEO, yaitu mengetahui trik mendaftar di webmaster tools. Mengapa ini penting? Karena tools ini menyediakan banyak informasi perihal gimana Google melihat website anda. Google Webmaster Tools hampir selalu dilibatkan dalam penyelesaian masalah jikalau website kita mengalami penurunan di hasil pencarian Google.
  • Untuk melaksanakan registrasi anda cukup melaksanakan login ke akun Google anda
  • setelah anda melaksanakan login, kunjungilah URL https://www.google.com/webmasters/tools/
  • Klik tombol "ADD A PROPERTY"
  • Bakal muncul popu up, masukkan url anda
  • Bakal muncul metode verifikasi Komplit dengan panduannya.

SEO yaitu abreviasi dari Search Engine Optimization Apa itu SEO? Dan Caranya Kerja Search Engine Optimization 2016
  • Download file html yg anda perlukan pada link nomor 1 dalam gambar
  • upload file tersebut ke root dari website anda (bisa menggunakan CPanel)
  • Konfirmasi bahwa file sudah anda upload dengan mengklik link nomor 2
  • Klik tombol verifikasi dan selesai.
Bagi pengguna wordpress yg malas menggunakan Cpanel bisa menggunakan ALTERNATE METHODS dan mengambil isyarat meta yg bisa dimasukkan ke cuilan <head> .... </head> dari theme dengan menggunakan dukungan plugin SEO ibarat YOAST, dll. Jika tidak tahu Caranyanya, coba googling "trik verifikasi webmaster tools Yoast"

Sekarang anda sudah bisa menggunakan fetch as Google untuk menguji apakah googlebot bisa merayapi halaman website anda.
  • Masuk ke webmaster tools anda di search console dan klik link untuk nama website yg gres anda verifikasi
  • Bakal muncul dashboard untuk website tersebut, dan di sidebar kiri ada hidangan CRAWL/PERAYAPAN. Klik pada hidangan untuk menampilkan sub hidangan FETCH AS GOOGLE atau AMBIL SEBAGAI GOOGLE.
  • Agarkan saja kolomnya kosong untuk melaksanakan fetch pada homepage
  • Klik Fetch dan lihat apakah proses FETCH sukses/complete. Jika gagal, maka kemungkinan Google bermasalah mengindeks. Penyebabnya bisa banyak, tetapi yg sering terjadi yaitu robot diblokir oleh server host seCaranya tidak sengaja.


Memblokir Robot Search Engine

Saat anda berguru SEO atau meningkatkan seCaranya optimal website, anda Musti mengetahui bahwa anda Musti bisa mengendalikan perayapan robot mesin pencari di halaman anda. Mengapa ibarat itu? Karena ada halaman-halaman yg Musti anda hindari untuk dirayapi oleh robot mesin pencari.

Halaman-halaman yg menggunakan title tag yg sama dan meta description yg sama ibarat halaman versi lain dari html (pdf version, printable version, dll), bisa merusak kualitas website anda jikalau hingga terindeks oleh Google. Mengapa bisa merusak kualitas? Hal itu dikarnakan munculnya duplikat title tag dan duplikat meta description di dalam website anda. Untuk mengatasi ini anda bisa menggunakan robots.txt untuk mengatur robot search engine.

Selain halaman yg berpotensi menjadi duplikat, tentu anda juga tidak mau halaman admin anda hingga masuk ke dalam index Google.


Ingat! yg perlu anda lakukan hanyalah memblokir halaman-halaman yg tidak anda inginkan untuk dirayapi. Halaman-halaman yg anda inginkan untuk dirayapi oleh mesin pencari tidak memerlukan pengaturan apa-apa, alasannya yaitu perayapan itu yaitu nilai default. Jika tidak dilarang, mereka bakal merayapi.... 

Buat yg galau bisa mencoba untuk googling "trik menggunakan robots.txt".


Memerintahkan Noindex Pada Robot Search Engine

Ada halaman yg tidak boleh diblokir tetapi juga bukan untuk diindex. Mengapa tidak diblokir? Karena di dalam halaman ini ada link, jadi halaman ini mengalirkan poin dan jikalau diblokir maka poinnya bakal hilang. Halaman-halaman ibarat ini biasanya ada pada halaman kategori dan label.

Jika memang halaman kategori dan label mengalirkan poin, Mengapa Musti di-noindex?Sebenarnya tidak semua halaman kategori dan label Musti di noindex, hanya halaman-halaman yg mempunyai duplikat title dan meta yg Musti dibentuk noindex. Jika halaman kategori dan label anda tidak menimbulkan duplikat title dan meta, maka Agarkan saja.

Untuk menciptakan halaman-halaman ibarat ini noindex, maka anda bisa memasang meta robots noindex di halaman-halaman ibarat ini. Tapi untuk dikala ini anda belum perlu melaksanakan apa-apa. Ini nanti bisa anda lakukan di tahapan meningkatkan seCaranya optimal SEO onpage.



ALGORITMA GOOGLE

Ini adalah cuilan terpenting dari berguru SEO. Saat ini ada 3 Algoritma yg menjadi fokus utama dalam melaksanakan search engine optimization, yaitu:
  • Hummingbird
  • Panda
  • Penguin

Algoritma hummingbird inilah yg menilai relevansi halaman website kita dengan kata kunci yg kita targetkan. Halaman yg dinilai oleh hummingbird yaitu halaman-halaman web yg sudah lolos evaluasi algoritma panda dan algoritma penguin. Di mana panda menilai kesejukan dan unsur spam dari onpage sebuah halaman web, sedangkan penguin menilai karakteristik dari backlink yg diperoleh oleh sebuah halaman website.

Semua algoritma google ini tidak bakal dibahas di sini, alasannya yaitu pendalamannya bakal dibahas di SEO onpage, dan SEO offpage.

Review

  1. Jadi sampai di sini anda sudah tahu apa SEO itu dan tujuan melakukannya. 
  2. Anda juga sudah tahu bahwa halaman web anda Musti bisa dirayapi, dan gimana trik anda memastikan halaman web anda bisa dirayapi. 
  3. Anda juga sudah mengetahui bagaimana trik anda mencegah halaman-halaman tertentu untuk dirayapi atau diindex
  4. Anda juga sudah mendengar 3 algoritma utama dan fungsi masing-masing algoritma

Langkah selanjutnya anda bakal mempelajari gimana trik menentukan kata kunci yg pantas mendapatkan perhatian anda untuk dioptimasi. Jangan hingga anda mengoptimasi kata kunci yg tidak ada potensi trafiknya.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive