Home » » Pilih Seo Atau Facebook Ads Untuk Internet Marketing

Pilih Seo Atau Facebook Ads Untuk Internet Marketing

Pilih beriklan di facebook atau meningkatkan seCaranya optimal SEO Pilih SEO atau Facebook Ads Untuk Internet Marketing
Banyak orang yg sering bertanya apakah ia Musti menentukan facebook ads atau SEO untuk memasarkan produknya. Sebenarnya pertanyaan ini yaitu sesuatu yg cukup Mudah dibalas dengan pertanyaan "Kamu bisanya yg mana? Jika bisa keduanya bukannya lebih baik Jika kau mendapatkan keduanya?"

Sayangnya kedua pertanyaan ini tidak bisa dijawab oleh sebagian besar orang. Mengapa? Karena mereka tidak tahu apa yg dibutuhkan untuk melaksanakan SEO dan facebook ads.

Makara Maknakel ini untuk membantu anda memahami kedua metode di atas.

Maknakel ini tentunya bakal lebih menitikberatkan pada perkenalan facebook ads, sebab ini yaitu sesuatu yg lebih langka diketahui orang.

Memenuhi Permintaan Dan Membangkitkan Minat

Memenuhi usul dan membangkitkan minat yaitu perbedaan fungsi dari SEO dan Facebook Ads. Saat anda belajar SEO, anda berusaha menciptakan supaya halaman web anda bisa ditemukan oleh orang-orang yg memerlukan barang, jasa, maupun sekedar info dari anda.

Makara di SEO kita menyasar orang-orang yg memang memerlukan apa yg kita miliki.

Sedangkan di facebook ads anda menyasar orang-orang yg memang mempunyai minat atau bahkan yg belum berminat (kampanye kesadaran merek/branding), untuk menjadi lebih tertarik dengan barang yg anda miliki.

Makara di tangan yg satu ada SEO untuk menjangkau mereka yg memang sedang memerlukan; dan di tangan yg lain ada Facebook Ads untuk menjangkau orang-orang yg cenderung belum terlalu memerlukan tetapi sudah ada minat yg bisa anda garap sampai menjadi keputusan untuk membeli.

SEO Lama dan Facebook Ads mendatangkan trafik Instan

Pilih beriklan di facebook atau meningkatkan seCaranya optimal SEO Pilih SEO atau Facebook Ads Untuk Internet Marketing
Bagi anda yg belum pernah bermain SEO anda Musti tahu bahwa SEO itu bukan sukses semalam. Ada ratusan dan ribuan orang yg menargetkan hal yg sama dengan anda sedangkan variasi kata kunci pada suatu niche sangat terbatas dan di setiap kata kunci hanya tersedia 3 lokasi teratas yg mempunyai potensi bisnis yg cukup menguntungkan.

Makara di SEO anda Musti melawan internet marketers yg lain, dan anda Musti tahu gimana trik melaksanakan SEO onpage dan SEO offpage dengan mencari backlink.

Menata struktur halaman SEO onpage yaitu sesuatu yg bisa anda lakukan dalam sehari saja. Tapi melaksanakan meningkatkan seCaranya optimal SEO offpage itu lain cerita.

Jika persaingan anda ringan, maka ini bakal tamat dalam sebulan saja atau satu periode deepcrawling Google.

Tapi jikalau persaingan anda sangat berat dan anda menargetkan kata kunci yg bisa menciptakan anda kaya ratusan juta per bulan, maka anda Musti kerja keras minimal setahun untuk itu, sebab anda tidak sendirian.

Facebook Ads Memakan Biaya Besar, SEO Relatif Sangat Murah

Pilih beriklan di facebook atau meningkatkan seCaranya optimal SEO Pilih SEO atau Facebook Ads Untuk Internet Marketing
Memangnya berapa besar biaya yg dikeluarkan seorang pengiklan facebook Ads? Besarnya biaya beriklan itu sangat bergantung pada pengaturan yg anda berikan dan juga relevansi dari iklan anda.

Semakin tinggi relevansi dari iklan anda terhadap sasaran yg anda pilih, maka harga iklan facebook bisa menjadi sangat murah untuk setiap kliknya.

Anggap saja saya menawarkan anda referensi di mana seorang pengiklan menggunakan CPC (ada model lain yaitu CPM) dan biaya per klik dari iklan yg dibuatnya yaitu Rp.200. Sedangkan pengiklan ini menggunakan habis budget harian Rp.200.000. Makara orang ini mendapatkan 1000 klik pada iklan facebooknya per hari.

Jika orang ini menggunakan Rp.200.000 per hari, maka total pengeluaran sebulannya yaitu Rp.6 juta. Orang ini Musti mempertahankan budget Rp.6.000.000 per bulan ini untuk mendapatkan trafik kunjungan 1000/hari menuju websitenya.

Mungkin ada yg punya ide, Mengapa Musti ke website? Mengapa tidak diarahkan ke fanpage? dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak ada hukum baku suatu action facebook ads Musti diarahkan ke mana, sebab setiap produk mempunyai denah beriklan yg tidak sama.

Ada yg merasa seni administrasi mendapatkan banyak like pada fanpage yaitu yg terbaik, sebab mempunyai potensi untuk promosi di masa yg bakal datang.

Namun tidak semuanya produk efektif menggunakan fanpage. Beberapa penawaran bakal lebih efektif jikalau diarahkan pada sebuah landing page yg menciptakan setiap pengunjungnya bisa fokus membaca promosi dari kita.

Jika orang ini menghabiskan budget facebook ads sebensar 6 juta per bulan, maka dalam banyak perkara 6 juta ini sudah lebih dari cukup untuk melaksanakan proses SEO yg bakal mendatangkan jumlah pengunjung yg sama setiap harinya.

Makara ada yg Musti melaksanakan pengeluaran setiap bulan dan ada yg cukup sekali saja melaksanakan pengeluarannya untuk menjaga trafiknya.

Makara dari segi biaya. Orang-orang yg bisa melaksanakan facebook ads seharusnya juga bisa melaksanakan SEO, sebab mereka bisa menyewa programmer atau jasa meningkatkan seCaranya optimal untuk melaksanakan SEO. Dan yg bisa melaksanakan SEO belum tentu punya budget untuk melaksanakan facebook ads.

Bisa Berhasil dan Bisa Gagal

Baik SEO dan Facebook Ads tidak ada jaminan keberhasilan yg 100%. Mengapa? sebab di SEO ada begitu banyak faktor yg Musti diperhatikan. Bagi orang yg tidak mengetahui faktor-faktor utama bakal bisa saja melewatkan sesuatu yg sangat merugikan optimasi, sehingga walaupun mereka sudah melaksanakan meningkatkan seCaranya optimal dengan habis-habisan; cacat yg terlewatkan itu menghanguskan banyak poin dari optimasinya.
Pilih beriklan di facebook atau meningkatkan seCaranya optimal SEO Pilih SEO atau Facebook Ads Untuk Internet Marketing

Sedangkan Facebook Ads bisa gagal jikalau seorang pengiklan tidak mengenali produknya dan sasaran marketnya, sehingga tidak bisa menentukan seni administrasi beriklan yg sesuai. Anda Musti mempunyai produk yg sempurna untuk diiklankan. Sebuah produk yg bisa menghasilkan laba yg lebih besar dari biaya beriklan pada sasaran market anda.

Saya berikan ilustrasi:
Ada seseorang penjual aksesoris perempuan yg beriklan di facebook ads dengan menggunakan budget Rp.200.000 per hari, dan ia dikenakan CPC sebesar Rp.400. Ini berMakna ia hanya mendapatkan 500 kunjungan. Jika konversinya hanya 2% yg menjadi pembelian, maka hanya bakal ada 10 penjualan per hari. Makara orang ini Musti membukukan laba minimal Rp.20.000 per penjualan. Mengambil laba yg besar itu yaitu sesuatu yg sulit bagi mereka yg berjualan aksesoris-aksesoris sederhana yg memang harganya murah.

Makara pengiklan ini perlu mereview pemasangan iklannya secepatnya jikalau tidak ingin merugi dari kampanye iklannya. Dia perlu mempertimbangkan untuk membangun fanpage dan mendapatkan like sebanyak-banyaknya.

Atau ia bisa mengutak-atik iklannya dan melaksanakan split test untuk melihat mana bentuk iklan (gambar dan kata-kata) yg bisa menaikkan skor relevansi, sehingga biaya beriklannya lebih murah dan menjangkau lebih banyak orang dari pemasangan iklannya sehingga potensi buyer lebih besar.

Atau penjual ini bisa mencoba menargetkan interest yg lebih spesifik. Misalnya ia menjual aksesoris untuk gaya fashion korea yg lagi trend, maka ia bisa mengambil juga interest Fashion Korea atau bahkan K-Pop lovers. Dan masih banyak lagi opsi yg lainnya, sebab facebook ads menyediakan ruang pengaturan yg sangat luas untuk setiap iklan.

Biasanya seorang pengiklan bakal menghabiskan uangnya di awal untuk mengenali pasarnya terlebih dahulu melalui serangkaian split test.

Maksud split test yaitu melaksanakan test dengan mengubah satu variabel dari iklannya ke dalam beberapa variasi, dan melihat variasi mana yg lebih menghasilkan.

Apakah setelah melaksanakan banyak split test sudah niscaya bakal untung? Tetap tidak ada jaminan untuk itu. Bakal selalu ada skenario di mana variasi yg terbaik ternyata tidak cukup baik untuk konsep bisnis kita mendapatkan laba Saat ini juga, sebab market yg masih terlalu lemah.

Terkadang anda Musti menghabiskan banyak uang di awal terlebih dahulu untuk mengedukasi pasar, dan membangkitkan kesadaran merek di masyarakat sebelum anda bisa melihat keuntungan.

Namanya juga perjuangan membangkitkan minat....

Ini sedikit tidak sama dengan SEO yg memang menargetkan orang-orang yg sedang dalam keadaan membutuhkan, jadi tinggal menyakinkan mereka bahwa kita yaitu pilihan yg terbaik.... jikalau SEO anda berhasil (^_^)

Mudah-mudahan ini bisa menawarkan citra sedikit buat yg sedang pusing berpikir mau SEO atau Facebook Ads....

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive