Home » » Memilih Seo Atau Iklan Facebook/Adwords Untuk Promosi?

Memilih Seo Atau Iklan Facebook/Adwords Untuk Promosi?

 Memilih SEO atau beriklan online sangat tergantung dari kebutuhan kita Memilih SEO atau Iklan Facebook/Adwords Untuk Promosi?
Memilih SEO atau beriklan online sangat tergantung dari kebutuhan kita. Pada dasarnya SEO dan beriklan di facebook itu mempunyai tujuan yg tidak sama dalam promosi. Saya bakal menunjukkan kepada anda apa saja perbedaan fundamental dari melaksanakan SEO dan beriklan online mirip adwords dan facebook.


Saya bakal mulai menjelaskan dari beriklan online terlebih dahulu, nanti terakhir gres aku bakal membandingkannya dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Iklan Facebook

Memasang iklan facebook itu mirip membuatkan pamflet promosi anda ke banyak orang. Anda tidak peduli apakah mereka butuh atau tidak butuh produk anda. Mungkin anda pernah melihat pamflet promosi kendaraan beroda empat disisip dipagar rumah anda? Ya mirip itulah iklan facebook

Tujuan dari penggunaan iklan facebook itu mirip melempar ke banyak orang dan berharap ada yg membutuhkan produk anda; atau (dan ini yg lebih umum terjadi) menciptakan orang yg sebelumnya tidak terpikir membutuhkan produk anda menjadi tertarik.

Tapi satu hal yg perlu anda perhatikan bahwa hanya produk-produk tertentu saja yg mempunyai peluang besar melaksanakan itu. Tidak Mudah menciptakan orang yg sebelumnya tidak memerlukan produk anda menjadi berpikiran mau membeli produk anda setelah melihat iklan anda. Biasanya produk yg paling berpotensi menciptakan orang yg sebelumnya tidak tertarik untuk membeli menjadi tertarik untuk membeli ialah produk fashion.....

Kaprikornus produk fashion mempunyai potensi yg besar dalam iklan facebook.

Produk yg sulit dipromosikan di facebook ialah produk yg tidak lazim digunakan seCaranya umum; atau hanya dalam keadaan-keadaan khusus saja orang membutuhkannya. Mengiklankan produk mirip ini berpotensi menciptakan biaya promosi anda lebih besar dari laba yg anda buat.

Kaprikornus anda sebagai pebisnis yg mempromosikan produk di facebook Musti mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
  • Biaya promosi iklan facebook
  • Luasnya jangkauan iklan facebook anda
  • Potensi Pasar dari Produk Anda
  • Besarnya laba per penjualan yg anda hasilkan
  • Persentase penjualan yg terjadi dari jangkauan iklan anda

Tentunya untuk mengetahui persentase pada poin terakhir anda Musti mencobanya sekali untuk mengambil data....

Iklan Adwords

Ini ialah produk iklan dari Google; dan sifatnya lebih tertarget dari Facebook. Mengapa dikatakan lebih tertarget? Karena iklan ini bakal ditampilkan pada hasil pencarian yg memang relevan dengan penawaran anda. Dengan kata lain Jika seseorang sedang mendapatkan calon pembeli, maka anda sedang mengintai di depan pintu. Barangkali saja mereka tidak mencapai janji dan anda dapat mengatakan produk anda.

Atau produk anda ditampilkan pada halaman yg relevan. Misalnya ada yg mencari Tipsnya fotografi atau teknik foto lainnya, maka iklan penjualan kamera anda bakal ditampilkan pada halaman tersebut. Adanya kesamaan minat dengan produk anda bakal memperbesar peluang munculnya daya tarik untuk membeli. Nah yg ini ibaratnya anda lagi mengatakan penjualan raket di kejuaraan bulu tangkis, atau mengatakan paket foto prewedding di wedding expo.

Atau anda juga dapat menciptakan iklan anda dipasang di halaman pencarian teratas dari Google. Sehingga orang yg memang niatnya mau membeli produk tersebut lebih dahulu melihat iklan anda.

SEO (Search Engine Optimization)

Ini ialah metode yg memerlukan waktu yg lama. Hanya saja SEO mempunyai 2 keunggulan dari yg lainnya; yaitu Gratis Saat anda sudah menjadi ranking 1. Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun dan Google bakal terus "mempromosikan" produk anda. Keunggulan yg lain ialah sangat tertarget; alasannya yg melaksanakan pencarian dapat hampir dipastikan 80% ialah mereka yg membutuhkan  produk anda. Sedangkan 20% lainnya ialah pesaing yg sedang mengecek posisi mereka.

Hanya saja yg menjadi masalah ialah proses SEO dapat menjadi sangat lama. Saran saya: Jika anda menjual sebuah produk, mulailah dengan menaklukkan kata kunci lokal terlebih dahulu yg biasanya memerlukan waktu 1-3 bulan. Kata kunci lokal itu contohnya: Jual Sepeda Gunung Murah di Solo.

Ini biasanya bakal sangat cepat mendorong naiknya penjualan anda.

Perbandingan

Kaprikornus untuk perbandingannya,.... anda dapat mengingat konteks berpromosi di ke tiga media ini dengan melihat poin-poin penting yg ada di bawah ini:
  • Iklan Facebook: Sebaran Acak - Berbayar - Hasil Cepat - Lebih Besar Konversinya dari Adwords (pada produk tertentu alasannya tampilan lebih atraktif)
  • Iklan Adwords: Sebaran lebih tertarget dari iklan Facebook - Berbayar - hasil cepat
  • SEO: Sangat tertarget - Gratis - Memerlukan waktu antara 1 bulan hingga 1 tahun tergantung kerasnya persaingan di bidang anda.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive